Hey, what's going on?

Lebaran, Marginalized :-)

Posted by Syeilendra Pramuditya on June 27, 2017

“Lebaran Online”, mungkin itu terminologi yang cukup pas untuk menggambarkan fenomena saling mengucap selamat lebaran via WA, email, facebook, instagram, dan semacamnya. Di hari pertama lebaran, WA saya berdering terus-menerus. Saya perhatikan ada 2 metode yang paling umum digunakan pengguna WA untuk mengucap selamat lebaran:

  1. Mengucap lebaran via grup
  2. Mengucap lebaran dgn broadcast

Ada yang dengan kalimat simpel, ada yg dengan pantun dan puisi, ada yg dgn tulisan dan bahasa Arab, ada yang mengirim gambar, bahkan juga video.

Mengirim ucapan selamat via grup atau broadcast memang sangat efisien, tapi sama sekali tidak efektif. Malah kalau saya pikir2, hal  tsb cukup aneh lho. Ucapan selamat via grup atau broadcast itu seperti ngomong sendiri di lapangan, tdk ditujukan spesifik ke siapapun itu kan. Jadinya ya jarang yang menanggapi juga, paling2 ada yg lain kemudian mengirimkan ucapan serupa juga, jadinya grupnya terasa ramai tapi sebenarnya tdk ada komunikasi real itu lho. Jadinya hanya seperti formalitas saja, apalagi dibumbui dgn pantun/puisi yg panjang2.. hadeuh…

Makanya judul artikel ini “Lebaran, Marginalized”, karena berasa jadi marginalized people..

Saya sendiri tidak pernah merespon ucapan selamat yang seperti itu, saya hanya respon msg yang memang ditujukan untuk saya, cirinya adalah dengan menyebut nama saya.

Saya mengirim ucapan selamat lebaran juga ga banyak2 amat, hanya ke beberapa orang saja, tapi spesifik dan tentu saja dengan menyebut nama mereka. Memang kurang efisien, tapi sangat efektif dan ada komunikasi real.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: