Hey, what's going on?

Catatan Perjalanan: Trieste, Italia (lagi)

Posted by Syeilendra Pramuditya on October 14, 2015

Ga nyangka juga, setelah awal tahun ini saya dapat funding untuk ke ICTP di Italia, ternyata Oktober ini saya dapat funding lagi dari ICTP untuk berpartisipasi di salah satu workshopnya, alhamdulillah..🙂

Workshopnya tentu saja berkaitan dengan nuklir, tepatnya berjudul: “Essential Knowledge Workshop on Deterministic Safety Assessment and Engineering Aspects Important to Safety”, yang berlangsung selama 2 minggu mulai 12 Oktober. Instrukturnya hampir semua dari IAEA dan topiknya bener2 fokus ke nuclear safety. Saya mendapat undangan via email dua bulan sebelum acara tsb dimulai (11 Agustus). Setelah ICTP mengirim dokumen2 yang diperlukan, saya segera mengurus VISA ke Kedubes Italia di Jakarta, alhamdulillah kali ini pun prosesnya mudah dan cepat, yaitu hanya seminggu saja dan tanpa wawancara, gratis pula.

Toko Suvenir di Bandara Istanbul

Kali ini saya mendapatkan rute perjalanan yang berbeda dari sebelumnya, yaitu menggunakan maskapai Turkish Air dan transit di Istanbul. Saya berangkat dari Bandung menggunakan bis Primajasa jam 10.30, dan sampai di Bandara sekitar jam 2 siang. Biasalah konservatif, soalnya hawatir macet kalau terlalu siang. Nunggu agak lama juga di bandara, tapi lumayan lah di Soetta ada wifi gratisan. Sampai akhirnya sekitar jam 6 sore baru bisa check in. Seperti biasa pesawatnya jumbo jet yang kursinya 8 kolom, dan jam 8.30 pm pesawatnya berangkat. Entertainment system nya ga sebagus Etihad, layarnya kadang nyala kadang mati.. duh.. Perjalanan ke Istanbul lamaaa bgt, 12.5 jam, alhamdulillah penerbangan kami relatif smooth. Kami mendarat jam 5 subuh waktu Istambul, waktu transit selama sekitar 3 jam saya gunakan untuk jalan2 aja di duty free shops. Souvenirs nya bagus2, tapi mahal euy.. decorative plates/glasses sekitar 10 euro..

Venice dilihat dari udara

Sekitar jam 8.30 am waktu setempat saya terbang lagi lanjut ke Venice. Kali ini pesawatnya lebih kecil, yang kursinya 6 kolom saja. Menurut info sang pilot, kami akan terbang di ketinggian kurang dari 10.000 feet, jadinya selama perjalanan pesawat sering sekali vibrasi akibat menembus awan, kebetulan saat itu cuaca memang sangat berawan, dari jendela juga sering tidak terlihat apapun. Penerbangan memakan waktu hampir 3 jam, dan kami mendarat di Venice sekitar jam 10an waktu setempat. Perjalanan ke ICTP masih cukup panjang. Dari bandara Venice saya naik bis “ATVO” ke stasiun kereta Venezia-Mestre, tiketnya dibeli di vending machine seharga 8 euro. Sampai di stasiun sekitar jam 11, kemudian saya beli tiket di vending machine dengan tujuan stasiun Trieste Centrale seharga 13 euro, saya dapat kereta yang jam 1 siang. Sekitar jam 3 sore saya sampai di stasiun Trieste, kemudian saya beli tiket bis ke ICTP di sebuah toko kecil di dalam stasiun. Bis nomor 6 dengan tiket seharga 1.35 euro. Akhirnya saya sampai di ICTP hampir jam 4 sore.. alhamdulillah..

Bandara Venice

Perjalanan yang panjang dan melelahkan, door-to-door dari rumah ke ICTP memakan waktu sekitar 34 jam dengan berganti2 moda transportasi bis-pesawat-bis-kereta-bis..

Kalau boleh memilih, sepertinya lebih nyaman mendarat di bandara Ronchi daripada Venice, karena kalau dari Ronchi kita tinggal naik bis sekali saja dan langsung sampai ICTP dalam 45 menit. Dan lagi, di bandara Istanbul dan Venice tidak ada wifi gratisan! Kalau di Abu Dhabi, Rome, dan Ronchi semua ada wifi gratis, bahkan di Soetta aja ada.

Pemandangan dari teras kamar

Sampai ICTP saya langsung registrasi, ternyata saya mendapat kamar 502 di Adriatico Guest House, di lantai 5 dan menghadap ke laut!😀 Room mate saya berasal dari Nigeria, namanya Akpanowo Mbet Amos dan dia katanya staf di badan nuklir Nigeria.

Di ICTP kami dapat uang saku dan penggantian local transport, total saya mendapat 235 euro (~IDR 3.7jt), lumayan.. alhamdulillah🙂

Bismillah.. semoga semuanya lancar disini.. amiin