Hey, what's going on?

Catatan Perjalanan: Trieste, Italia (1)

Posted by Syeilendra Pramuditya on February 16, 2015

Kali ini saya insya Allah mengunjungi kota Trieste di Italia. Alhamdulillah..🙂

Saya terpilih sebagai salah satu peserta untuk mengikuti sebuah workshop saintifik di Centro Internazionale di Fisica Teorica Abdus Salam (CIFT), atau juga dikenal sebagai The Abdus Salam International Centre for Theoretical Physics (ICTP).

Nama kegiatannya adalah “Joint ICTP-IAEA Training Course on Physics and Technology of Water Cooled Reactors through the Use of PC-based Simulators“. Yup, jadi ini adalah kerjasama antara ICTP dan International Atomic Energy Agency (IAEA). Acara akan berlangsung selama 2 minggu full, dari tanggal 16 (Senin) sampai 27 (Jumat) Februari 2015.

The Invitation

The Invitation

Kalau bepergian keluar negeri, apalagi yang harus segera diurus kalau bukan paspor dan visa. Paspor saya kebetulan masih lama masa berlakunya, jadi saya hanya tinggal mengurus visa saja. Setelah saya menerima berbagai e-documents dari ICTP, saya langsung mengurus visa. Visa yang saya ajukan adalah visa Schengen, berjenis Study visa. Sebagai catatan, ada berbagai macam visa Schengen yang bisa diajukan di Kedubes Italia. Untuk visa selain study, visa harus diurus di sebuah agen visa yang bernama VFS Global, dan bukan langsung di Kedubes. Biaya pembuatan visa juga ternyata lumayan mahal, antara 1,2 – 1,5 juta. Nah hanya kalau kita apply Study visa kita bisa datang langsung ke Kedubes Italia. Berapa biayanya? Gratis total!🙂

Oh iya Kedubes Italia beralamat di Jalan Diponegoro 45, Jakarta (6°12’2″S 106°50’23″E). Dekat dengan taman Suropati (~1 km). Saya tidak foto gedungnya, karena takut ditangkap polisi yang berjaga di luar.. hehe

Submission time adalah jam 11 – 12 siang, jadi saya naik kereta yang jam 6.35 dari Bandung, dan sampai di Gambir sekitar jam 10. Dari Gambir tinggal naik taksi dan bayar sekitar 25rb. Waktu tempuhnya kurang dari 30mnt. Ketika masuk Kedubes, kita harus meninggalkan KTP dan HP di pos keamanan. Yang antri sedikit sekali, klo ga salah ga sampe 5 orang aja, ga banyak orang kita yang main ke Italia kali ya. Beda banget dengan Kedubes Jepang yang selalu crowded. Dokumen2 yang diperlukan bisa dilihat disini atau disini.

Setelah kita submit dokumen2nya, kita akan diberi sebuah kartu untuk nanti ketika pengambilan visa dan paspor kita. Saya datang ke Kedubes Italia pada hari Selasa (20 Jan), dan diminta datang lagi hari Jumat (23 Jan) untuk pengambilan. Waktu pengambilan adalah jam 12 – 13 siang. Katanya mbak nya ga perlu nelfon dulu, langsung datang aja, optimis bgt mbak nya.

Kartu Pengambilan Visa

Kartu Pengambilan Visa

Oh iya, harus diperhatikan juga detail perjalanan kita. Dari info yang diberikan ICTP, saya akan transit di Abu Dhabi dan Roma. Lalu apa perlu visa transit UAE? Untuk transit sampai dengan 8 jam, tidak perlu visa transit UAE. Jadi saya tidak perlu mengurus visa transit.

Hari Jumat (23 Jan) saya datang lagi ke Kedubes Italia. Saya sampai di Gambir jam 10, dan sampai di Kedubes jam 10.30. Kecepetan sih.. kan katanya loket buka jam 12. Tapi ya sudah saya tunggu aja di dalam. Di dalam cuma ada 1 orang (mba2) yang menunggu, beneran jarang banget orang Indonesia yang ke Italia berarti ya. Mba2 ini juga sama2 apply visa studi, jadi katanya dia udah 3 taun sekolah di Florence, tapi karena sekarang pindah sekolah, harus apply visa lagi katanya. Nah tapi mba2 ini dapet panggilan interview dulu, aneh juga padahal dia udah lama di Italia. Saya yang belum pernah ke Italia malah ga dipanggil interview.

Jam 11 loket dibuka, daaan.. nomor saya yang dipanggil pertama! haha..

Alhamdulillah.. proses permohonan visa saya bisa selesai hanya dalam 3 hari, dan dikabulkan.🙂

I got my very first Schengen Visa! Terimakasih Pak Federico🙂

One Response to “Catatan Perjalanan: Trieste, Italia (1)”

  1. Asri said

    Makasi mas syeilendra tips2 nya, kmrn saya jg baru dpt invitation dr ictp:)

    Syeilendra said..
    Halo Asri, wah selamat yaa mau jalan2 ke Italy🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: