Hey, what's going on?

Jadi pengawas SBMPTN

Posted by Syeilendra Pramuditya on June 17, 2014

Sekitar 2 minggu lalu saya ditawari untuk menjadi pengawas Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Karena saya lihat jadwal saya lumayan free tanggal 17 Juni, ya saya terima aja, yaa iseng2 buat pengalaman aja. Sebenarnya ada beberapa posisi koordinator yang masih kosong, tapi tidak saya ambil, soalnya masak tiba2 jadi koordinator, padahal belum pernah jadi pengawas ruang. So jadilah saya pengawas ruang. Denger2 sih honornya lumayan *utk ukuran mahasiswa tapi, hehehe*

Seminggu sebelum hari H kami di briefing, singkat aja sih, hanya satu jam, bertempat di ITB. Ternyata saya kebagian di SMKN 13, lokasinya di Bandung timur, lumayan jauh dari rumah saya (~14 km) dan jauh juga dari ITB.

Aturannya adalah pengawas harus hadir di lokasi satu jam sebelum peserta masuk ruangan pada jam 7, berarti saya harus datang jam 6. Jadilah tapi pagi saya nyubuh berangkat dari rumah jam 5.30. Subuh gitu ya jalanan kosong banget, alhamdulillah saya sampai di lokasi jam 6.05 dan langsung menuju kantor panitia lokal.

Pekerjaan sebagai pengawas tuh gampang, gampang banget malah, hehehe.. hanya ngambil soal di kantor panitia, bagiin di kelas, n terus bikin berita acara, udah gitu doang. Cuma ya lumayan bosen juga pas nungguin ujiannya, mana kan ga boleh main HP. Tadi saya ngawas dari jam 7 sampai 12.

Jadi lumayan keingetan, dulu pas saya jaman berjoeang ikutan UMPTN.. dulu saya kebagian ujian di GSG ITB yang sayangnya sekarang gedungnya sudah diruntuhkan.. dulu karena takut terlambat saya juga datang pagi2 sekali naik motor Yamaha F1ZR saya..

So.. jadi berapa honornya? 480rb utk setengah hari kerja.. yaa lumayan lah rejeki.. disyukuri aja hehehe..

Taun depan mau coba jadi koordinator ah.. insya Allah..

Ini kartu Pengawas SBMPTN saya

Ini kartu Pengawas SBMPTN saya

9 Responses to “Jadi pengawas SBMPTN”

  1. Sunandar said

    berapapun bayarannya kan pengalamannya sangat berharga itu mas🙂

  2. kravpt said

    Mau nanya, gimana sih caranya jadi pengwas SBMPTN buat mahasiswa? makasih

    Syeilendra said..
    Bisa daftar di univ masing2, ke TU jurusan aja.

  3. wulan said

    bagaimana caranya medaftar jadi pengawas sbmptn mas?

    Syeilendra said..
    Bisa daftar di univ masing2, ke TU jurusan aja.

  4. Riftanio said

    Kalo boleh tau, gimana dapet informasi daftar jadi pengawasnya?

    Syeilendra said..
    Biasanya itu dapat info dari univ masing2, bisa ditanya ke TU di jurusan.

  5. asri aminah said

    Itu jadi pwngawas daftar sendiri atau ditawari ka? Terima kasij

  6. fuad said

    ada jangka waktunya gak mas buat daftar jadi panitia sbmptn ?

  7. Tubagus said

    Harus masuk jurusan dlu ya (Khusus di ITB)?
    Kalau TPB bisa gak?

  8. intan Laila Kusuma said

    biasanya bulan berapa pendaftaran pengawasnya?

  9. isti said

    Ditawarin sapa kak?

    Syeilendra said..
    Dpt info tawaran dari milis..

Leave a Reply

 
