Hey, what's going on?

Archive for June, 2014

Jadi pengawas SBMPTN

Posted by Syeilendra Pramuditya on June 17, 2014

Sekitar 2 minggu lalu saya ditawari untuk menjadi pengawas Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Karena saya lihat jadwal saya lumayan free tanggal 17 Juni, ya saya terima aja, yaa iseng2 buat pengalaman aja. Sebenarnya ada beberapa posisi koordinator yang masih kosong, tapi tidak saya ambil, soalnya masak tiba2 jadi koordinator, padahal belum pernah jadi pengawas ruang. So jadilah saya pengawas ruang. Denger2 sih honornya lumayan *utk ukuran mahasiswa tapi, hehehe*

Seminggu sebelum hari H kami di briefing, singkat aja sih, hanya satu jam, bertempat di ITB. Ternyata saya kebagian di SMKN 13, lokasinya di Bandung timur, lumayan jauh dari rumah saya (~14 km) dan jauh juga dari ITB.

Aturannya adalah pengawas harus hadir di lokasi satu jam sebelum peserta masuk ruangan pada jam 7, berarti saya harus datang jam 6. Jadilah tapi pagi saya nyubuh berangkat dari rumah jam 5.30. Subuh gitu ya jalanan kosong banget, alhamdulillah saya sampai di lokasi jam 6.05 dan langsung menuju kantor panitia lokal.

Pekerjaan sebagai pengawas tuh gampang, gampang banget malah, hehehe.. hanya ngambil soal di kantor panitia, bagiin di kelas, n terus bikin berita acara, udah gitu doang. Cuma ya lumayan bosen juga pas nungguin ujiannya, mana kan ga boleh main HP. Tadi saya ngawas dari jam 7 sampai 12.

Jadi lumayan keingetan, dulu pas saya jaman berjoeang ikutan UMPTN.. dulu saya kebagian ujian di GSG ITB yang sayangnya sekarang gedungnya sudah diruntuhkan.. dulu karena takut terlambat saya juga datang pagi2 sekali naik motor Yamaha F1ZR saya..

So.. jadi berapa honornya? 480rb utk setengah hari kerja.. yaa lumayan lah rejeki.. disyukuri aja hehehe..

Taun depan mau coba jadi koordinator ah.. insya Allah..

Ini kartu Pengawas SBMPTN saya

Ini kartu Pengawas SBMPTN saya

Posted in just a story | 10 Comments »

Pemecahan persamaan difusi neutron 1D single-group secara numerik dalam c++

Posted by Syeilendra Pramuditya on June 11, 2014

//Pemecahan persamaan difusi neutron 1D single-group secara numerik dalam c++
//Created: 11 Juni 2014
//Last Modified: -
//Programmer: Syeilendra Pramuditya

#include <iostream>
#include <cmath>
using namespace std;

float findflux(float a, float b, float c, float d, float e, float f){
float out1;
//Diturunkan dari persamaan difusi neutron 1D single-group
//Metode finite difference
out1=(((a+b)/(c*c))+(d/e)) / ((f/e)+(2/(c*c)));
return out1;
}

int main(){

int nx,itermax,i,iter,konvergen;
float L,dx,sigma_a,D,errormax,error,dummy;
float FluxOld[50],FluxNew[50],S[50];

//=============input===================
nx=50;//jumlah partisi
L=3;//dimensi domain
dx=L/nx;//lebar partisi
sigma_a=1;//cross section makroskopik
D=1.0/6;//koefisien difusi
errormax=1e-3;//kriteria konvergensi
itermax=1000;//loop limit
//=====================================

//==========syarat batas===============
FluxOld[0]=0; //flux di x=0 harus nol
FluxOld[nx]=0; //flux di x=L harus nol
FluxNew[0]=0; //flux di x=0 harus nol
FluxNew[nx]=0; //flux di x=L harus nol
S[0]=0; //source di x=0 harus nol
S[nx]=0; //source di x=L harus nol
//=====================================

//==========tebakan awal===============
for (i=1; i<=nx-1; i++){
FluxOld[i]=300; //tebakan awal flux
S[i]=100; //tebakan awal source
};
//=====================================

iter=0;
do{
iter++;
konvergen=1;
	for(i=1;i<=nx-1;i++){
	FluxNew[i]=findflux(FluxOld[i+1],FluxOld[i-1],dx,S[i],D,sigma_a); //Jacobi	
	}
	
	for(i=0;i<=nx;i++){
	error=fabs(FluxNew[i]-FluxOld[i]);
	if (error > errormax) konvergen=0; 
	}
	
	for(i=1;i<=nx-1;i++){FluxOld[i]=FluxNew[i];}
cout<<"Iterasi "<<iter<<"\n";
}while(konvergen==0 && iter<itermax);

cout<<"\n";
cout<<"Distribusi Flux\n";
for (i=0; i<=nx; i++){
cout<<FluxNew[i]<<"\n";
}

}

Posted in nuclear engineering, programming | Leave a Comment »

Contoh Laporan Ketua Panitia Seminar Akademik

Posted by Syeilendra Pramuditya on June 10, 2014

Assalamu’alaikum Wr. Wb. dan salam sejahtera bagi kita semua.

Yang saya hormati Wakil Dekan bidang Akademik FMIPA ITB, Ibu Prof. Fida Warganegara. Yang saya hormati Ketua Program Studi Fisika FMIPA ITB, Ibu Dr. Widayani. Yang saya hormati para pembicara utama, Bapak Prof. Mitra Djamal, Ibu Prof. Djulia Onggo, Ibu Prof. Liliasari, dan Ibu Prof. Nuryani Rustaman.

Dan yang saya hormati hadirin peserta seminar yang berbahagia.

Pertama-tama kami ucapkan selamat datang di Institut Teknologi Bandung. Kami mengucapkan terimakasih atas antusiasme dan dukungan Bapak/Ibu sekalian, sehingga acara SNIPS 2014 ini dapat terselenggara pada hari ini.

Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains 2014 (SNIPS 2014) yang dilaksanakan pada tanggal 10 dan 11 Juni 2014 di Bandung merupakan kegiatan ilmiah tahunan yang terselenggara berkat dukungan dari Program Studi Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Teknologi Bandung. Simposium ini merupakan tempat bertukar pikiran para pelaku bidang pembelajaran sains dan matematika yang meliputi para guru, mahasiswa, dosen, dan peneliti.

Jumlah total peserta terdaftar pada seminar SNIPS tahun ini mencapai lebih dari 150, yang terdiri dari presenter dan peserta pendengar. Terdapat lebih dari 120 presenter terdaftar yang akan memaparkan hasil karyanya di seminar ini. Para peserta berasal dari setidaknya 16 institusi, yaitu ITB, Universitas Advent, UPI, IPB, UNPAR, ITS, Univ. Negeri Surabaya, UIN SGD, UNJ, Univ. Sultan Ageng Tirtayasa, Univ. Muhamadiyah Prof. Dr. HAMKA, LAPAN, Politeknik PIKSI Ganesha, SMA Trinitas Bandung, SMK Negeri 5 Bekasi, dan SMP Negeri 2 Cilaku.

Topik-topik yang akan disampaikan oleh para presenter cukup beragam, dan dibagi kedalam 9 area bidang, yaitu: pembelajaran, inovasi, material, energi, instrumentasi, kebumian, teoretik, komputasi dan pemodelan, dan lain-lain. Sebagian besar dari topik-topik tersebut merupakan hasil penelitian dan inovasi dalam bidang pengajaran dan pendidikan.

Kami selaku panitia mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung dan membantu terselenggaranya acara SNIPS 2014. Kami juga memohon maaf bila sekiranya terdapat kekurangan di dalam penyelenggaran seminar ini. Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Selamat mengikuti SNIPS 2014.

Wassalamualalikum wr wb.

Posted in whatever | Leave a Comment »