Hey, what's going on?

Catatan Perjalanan: Kutai Kartanegara

Posted by Syeilendra Pramuditya on May 19, 2014

Bulan Oktober tahun lalu saya berkesempatan untuk mengunjungi pulau Kalimantan. Ini adalah untuk pertama kalinya saya berkunjung ke pulau besar tersebut. Saya berangkat ke sana bersama seorang rekan, Dr. Sparisoma Viridi, dalam rangka menjadi nara sumber/instruktur workshop Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Tenggarong, kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), di provinsi Kalimantan Timur.

Kami berangkat dari Bandung pada hari Rabu, 2 Oktober, dengan menggunakan maskapai Lion Air. Kami dapat penerbangan yang tidak direct, tetapi transit dulu selama 3 jam di bandara Juanda Surabaya. Bandara Juanda ternyata sangat nyaman, menurut saya malah lebih baik dari bandara Soekarno-Hatta, dan jelas jauh lebih baik dari Bandara Husein. Penampakannya sudah seperti bandara2 di luar negeri: nyaman, tidak sempit, dan bersih-rapi. Dari Surabaya penerbangan dilanjutkan ke Balikpapan. Kami mendarat di bandara Sepinggan Balikpapan sekitar jam 1 siang.

Sebagai informasi, kabupaten Kukar yang kami kunjungi itu adalah kabupaten terkaya di Indonesia, dengan sumber penghasilan utama berasal dari pertambangan. Tapi sayangnya Kukar belum memiliki bandara sendiri, sehingga kami harus mendarat di Balikpapan.

Bandara Sepinggan

Bandara Sepinggan

Di bandara kami dijemput oleh salah seorang panitia workshop, pak Jumhardi namanya. Kami menggunakan sebuah Toyota Innova yang disupiri oleh pak Deli. Pak Jum mengundang kami untuk makan siang dulu, dan ternyata kami dibawa ke sebuah restoran Sunda di dekat bandara. Hahaha sudah jauh2 ke Kalimantan, eeh ternyata makannya makanan Sunda lagi..

Sehabis makan siang, kami langsung berangkat menuju Tenggarong. Perjalanan ternyata cukup lama juga, sekitar 4 jam. Infrastruktur jalan menuju Tenggarong lumayan bagus. Kami melewati bukit Suharto dan juga menyusuri sungai mahakam. Di sekitar sungai Mahakam ini yang jalannya jelek sekali, hancur berlubang2. Pak Deli dan pak Jum bilang, jalan ini jelek karena ini jalan provinsi, sehingga Kukar tidak berwenang untuk memperbaiki. Hampir semua mobil yang saya lihat disana tipenya sama: Mitsubishi Pajero Sport, mungkin karena nyaman dipakai di medan pertambangan. Di sepanjang sungai Mahakam saya juga melihat kapal2 pengangkut batu bara, juga pabrik2 pengolahan batu bara di pinggiran sungai. Batu bara yang siap dikirim (entah kemana) itu bentuknya sudah berupa serbuk halus seperti tumpukan pasir hitam.

Kami menginap di hotel tempat acara workshop dilangsungkan, saya lupa namanya, tapi lokasinya di sebelah pulau kumala. Hotelnya lumayan nyaman, tapi ya jangan dibandingkan dengan hotel2 di Bali hehehe… Untuk sarapan dan makan siang, kami makan bersama2 dengan para peserta, sedangkan untuk makan malam, Pak Jum selalu mengajak kami makan di sebuah rumah makan padang di samping hotel. Padahal sebenarnya saya ingin mencicipi hidangan seafood yang ada di pinggiran sungai.

Workshopnya berlangsung dari hari Rabu sampai Jumat, sedangkan hari Sabtu hanya ada acara penutupan saja. Setelah acara penutupan, kami sempatkan mengunjungi museum Mulawarman yang letaknya dekat sekali dengan hotel kami, tiketnya murah hanya Rp. 3500 saja.

Museum Mulawarman

Museum Mulawarman

Setelah itu kami langsung berangkat menuju Balikpapan melalui Samarinda. Untuk menuju Samarinda kami harus menyebrangi sungai Mahakam menggunakan perahu, karena jembatan Tenggarong runtuh beberapa tahun lalu. Karena tidak terbiasa menyeberangi sungai, saya agak deg2an juga.. apalagi kata Pak Deli sehari sebelumnya ada kecelakaan tabrakan perahu…

Menyebrangi Sungai Mahakam

Menyebrangi Sungai Mahakam

Di Samarinda kami sholat di Masjid Raya Samarinda. Masjidnya bagus dan megah.

Masjid Agung Samarinda

Masjid Agung Samarinda

Akhirnya kami sampai di Balikpapan pada magrib menjelang malam. Kami menginap di rumah kerabat Pak Sparisoma di Balikpapan. Besok harinya pagi2 sekali kami berangkat ke bandara Sepinggan diantar oleh kerabat Pak Sparisoma.Ternyata penerbangannya ada satu kali transit di Banjarmasin. Alhamdulillah penerbangan lancar sampai kami mendarat di Bandung.

Foto2 lengkap dapat dilihat album2 Picasa saya:

-Fin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: