Hey, what's going on?

“Revolusi Mental” Jokowi

Posted by Syeilendra Pramuditya on May 4, 2014

http://nasional.kompas.com/read/2014/04/24/2104492/Visi.dan.Misi.Jokowi.Revolusi.Mental

Saya setuju dengan gagasan Jokowi bahwa bangsa ini perlu sebuah revolusi mental.
Baik itu rakyatnya, dan lebih2 para pejabatnya.

Lalu mental macam apa yang perlu di-revolusi?

Mental ingkar janji, contohnya gubernur yang berjanji pada rakyatnya bahwa ia akan bekerja melakukan pembenahan selama 5 tahun dan tidak akan meninggalkan jabatannya, tapi ternyata diingkari setelah ia terpilih. Sekali ingkar janji, akan lebih ringan untuk melakukan ingkar2 berikutnya.

Mental lebih mengutamakan dan mematuhi mandat dari atasan ketimbang mandat langsung dari rakyat. Meskipun berarti mengingkari janji pada rakyat yang memilihnya. Apa jadinya kalau seorang pemimpin terpilih, menganggap enteng mandat rakyat yang memilihnya.

Mental tidak punya pendirian. Contohnya gubernur yang dari dulu kalau ditanya mau nyapres apa tidak, jawabnya muter2 dan tidak pernah memberi jawaban pasti. Ternyata karena ia menyerahkan semuanya ke atasannya, meski ia sudah berjanji pada rakyat yang memilihnya untuk tidak nyapres. Tidak ada pendirian pribadi. Apa jadinya kalau seorang pemimpin harus mengambil keputusan, tapi ternyata malah menyerahkan ke atasannya.

Mental2 seperti ini yang harus di-revolusi. Dan jangan sampai seorang capres memiliki karakteristik mental seperti ini.

Mari kita dukung “revolusi mental Jokowi”🙂

Link2 yang mungkin saja terkait:
http://megapolitan.kompas.com/read/2014/03/07/1629274/Jokowi.Enggan.Tonton.Video.Janji.5.Tahun.Pimpin.Jakarta
http://www.republika.co.id/berita/nasional/politik/14/03/15/n2fxct-maju-capres-jokowi-ingkari-janji-kampanyedi-pilkada-dki
http://nasional.kompas.com/read/2014/03/14/2127336/Dikritik.Ingkari.Janji.Pilgub.DKI.Ini.Komentar.Jokowi

Komentar:

barangkali pak Jokow mikirnya bila dia RI1 kan mimpin rakyat jkt juge…. bahkan > 5 th ……. jd nggak ingkar janji …. hehehehe.

Tanggapan saya:

Pertama2, karakteristik tugas, wewenang, dan tanggungjawab jabatan presiden itu sangat berbeda dengan jabatan gubernur. Presiden itu tugas2nya lebih bersifat makro dan holistik utk seluruh Indonesia. Akan aneh sekali kalau presiden mengurusi banjir dan macet Jakarta.

Kedua, hal itu berbahaya dong, saat ini saja daerah2 lain sudah cemburu dengan ketimpangan pembangunan antara ibu kota dengan daerah, apalagi kalau presiden sampai menunjukan perhatian yg berlebihan utk Jakarta saja, bagaimana dengan daerah lainnya?

Ketiga, dan yang paling mendasar, Jokowi sudah berjanji bahwa ia “Akan memimpin Jakarta selama lima tahun. Tidak menjadi kutu loncat dengan mengikuti Pemilu 2014.” (http://www.republika.co.id/berita/pemilu/berita-pemilu/14/03/15/n2h8sz-ingat-inilah-19-janji-jokowi-saat-pilgub-dki-2012). Janji ini yang kita soroti, janji ini yang sudah ia ingkari. Mengingkari janji publik seperti ini, menurut saya terlalu kasar secara etika politik. Apalagi ini karena ia lebih mematuhi mandat satu orang ketimbang mandat jutaan rakyat Jakarta yang sudah memilihnya. Siapa sebenarnya “tuan” yang ia patuhi?

Saya juga dulu sangat mendukung Jokowi di pilgub DKI, saya juga ikut mendoakan beliau agar bisa menang dan membenahi ibu kota kita. Tapi ternyata kenapa Jokowi jadi begini? Saya kaget dan kecewa berat mendapati Jokowi dengan mudahnya mengingkari janji publiknya. Ini terlalu kasar.

🙂

One Response to ““Revolusi Mental” Jokowi”

  1. dira said

    coba lihat tayangan mata najwa tgl 29 mei 2014.. kubu jokowi vs kubu prabowo. mungkin bisa lebih menjawab apa yg dipertanyakan,, dan kalau dibandingkan dgn prabowo sih msh lbh baik jokowi🙂

    Syeilendra said..
    oh gt ya🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: