Hey, what's going on?

Ke Bali Lagi

Posted by Syeilendra Pramuditya on September 28, 2013

Minggu lalu, untuk kedua kalinya saya ke Bali lagi, kali ini selama 6 hari. Saya berangkat hari Minggu, 15 September, dan kembali ke Bandung pada hari Jumat, 20 September.

Saya ke Bali dalam rangka menghadiri International Conference on Advances in Nuclear Science and Engineering (ICANSE) yang ke 4. Saya berangkat bersama rekan2 yang juga akan menghadiri konferensi tersebut. Dari Bandung kami menggunakan maskapai AirAsia penerbangan siang, yang alhamdulillah tidak mengalami delay keberangkatan. Sampai di bandara Ngurah Rai menjelang sore hari, kami langsung menuju tempat konferensi dengan menyewa 2 mobil APV dengan tarif Rp. 150 ribu/mobil. Tempat konferensi nya adalah di Hotel Aston Denpasar, yang jaraknya kami tempuh sekitar 1 jam, karena lalu lintas yang relatif lancar. Berbeda dengan Hotel Sanur Paradise Plaza yang terletak di pinggir pantai, tempat saya menginap waktu ke Bali bulan Mei lalu, Hotel Aston ini terletak di tengah kota sehingga suasana sekitarnya tidak terlalu menarik. Malam itu kami gunakan hanya untuk beristirahat melepas lelah saja.

Besoknya juga acara belum padat, agendanya hanya registrasi saja. Hari Senin itu saya gunakan untuk persiapan presentasi untuk hari Rabu dan kamis, terutama memeriksa dan menyelesaikan slide2 presentasi. Saya mempresentasikan 2 topik plus 1 topik titipan seorang teman yang ternyata tidak bisa datang karena kesibukannya di Jepang. Berikut ini topik2 yang saya presentasikan:

1. Computational Fluid Dynamics Study on Cross Flow Pressure Drop for Triangular Array Rod Assemblies with Wire (Syeilendra Pramuditya and Minoru Takahashi)
  2. Mesh Numbering Optimization in Subchannel Analysis Method (Syeilendra Pramuditya)
  3. Thermal Stress Analysis in Decay Heat Removal without Forced Cooling on an Innovative Simplified Pebble Bed Reactor (Dwi Irwanto, Syeilendra Pramuditya, Toru Obara)

Alhamdulillah presentasi2 saya berjalan dengan lancar.

Konferensi ini juga jadi seperti reuni informal korps nuklir ITB yang sekarang tersebar di Jawa dan Sumatra. Saya juga bertemu lagi dengan beberapa rekan2 yang dulu sama2 di lab Fisika Nuklir ITB.

Peserta konferensi ini memang sebagian besarnya dari Indonesia, seperti BATAN, BAPETEN, dan beberapa universitas, tapi ada juga peserta yang berasal dari luar negri, seperti dari Turki, Tunisia, Saudi Arabia, Jepang, Amerika, dan Rusia. Yang agak menarik adalah peserta dari Rusia, seorang wanita bernama Ekaterina, yang saya kira Miss Russia yang kesasar hehehe.. kebetulan kan ajang Miss World sedang berlangsung di Nusa Dua.

Ekaterina, peserta dari Rusia.

Hari kamis saya sempatkan untuk ikut jalan2 bersama beberapa rekan, pertama kami ke Krisna, pusat oleh2 yang besar dan ramai. Di Krisna ini dijual berbagai macam oleh2, mulai dari macam2 makanan, pernak-pernik, baju/kaos, tas, topi, sampai hiasan emas dan perak. Perjalanan kami lanjutkan ke pantai Nusa Dua, yang terlihat sepi karena memang hari sudah terlalu siang. Selanjutnya kami menuju Garuda Wisnu Kencana (GWK). Di GWK ini kami menonton pertunjukan seni tari barong yang diiringi gamelan Bali. Tentu saja kami juga melihat2 patung Wisnu yang terkenal itu. Dari GWK kami langsung balik ke hotel karena hari memang sudah sore.

Garuda Wisnu Kencana

Hari Jumat kami kembali ke Bandung, menggunakan maskapai AirAsia penerbangan sore. Alhamdulillah, walaupun pesawat sempat agak bergoyang ketika memasuki Bandung karena cuaca berawan, kami sampai di Bandung dengan selamat pada Jumat malam.

Demikian sedikit cerita dari perjalan kedua saya ke Bali.