Hey, what's going on?

Pengalaman mengurus e-KTP di kabupaten Bandung

Posted by Syeilendra Pramuditya on April 24, 2013

Hari Senin 22 April kemarin saya pergi ke kantor kecamatan Margaasih (lokasi http://goo.gl/maps/VvRB8) untuk mengurus pembuatan e-KTP. Saya berangkat pagi2 menggunakan sepeda motor untuk melakukan rekam data. Sudah ada lumayan banyak orang ketika saya sampai. Tapi ternyata tidak ada antrian untuk proses rekam data, jadi saya bisa langsung masuk ke unit rekam data. Prosesnya juga sangat ringkas, hanya difoto, rekam sidik jari, dan rekam retina mata. Juga dikonfirmasi data2 seperti nama lengkap, alamat, pekerjaan dll. Prosesnya sama sekali tidak dipungut biaya. Petugasnya bilang mungkin e-KTP nya baru jadi dan bisa diambil dalam waktu 6 bulan. Walah! Lama amat pak!!

Jarak kantor kecamatannya ternyata lumayan jauh juga dari rumah saya, hampir 1 jam dengan menggunakan sepeda motor, dengan kondisi jalan yang sempit, dan juga berlubang2 dan becek di beberapa lokasi.

Proses rekam datanya memang kurang seru, yang seru adalah ‘petualangan’ di perjalanan melalui ‘pemandangan2 indah’ menuju kantor kecamatan Margaasih yang lokasinya lumayan in-the-middle-of-nowhere itu.. he3:mrgreen: Seperti bisa dilihat pada foto2 berikut ini:

Update 23 Januari 2014

Akhirnya saya menerima e-KTP saya pada tanggal 20 Januari 2014, atau 9 bulan setelah saya mengurus di kantor kecamatan!!!

4 Responses to “Pengalaman mengurus e-KTP di kabupaten Bandung”

  1. meilani said

    Tidak hanya di kabupaten bandung, di kec bojongloa kaler kota bandung juga pembuatan eKTP sangat sangat lama. Saya sudah setahun nunggu eKTP. Tapi sampe detik ini blm eKTP blm beres juga. Kok lama ya? Ada apa? KPK hrs periksa

  2. Nofik said

    Saya lagi dikecamatan margaasih….ya gitu deh dipingpong…bln kmaren suruh ambil ktp di kabupaten..ternyata blangko ktp abis..suruh balik lagi sminggu kemudian buat keterangan serbaguna..ganggu jadwal kerja bgt..emang butuh sminggu bikin yg gitu doang?a…eee skr datang katanya blangko udah ada.nofik.suruh balik lagi kekecamatan buat ambil ktp ..

  3. susan said

    Bagaimana kalau ngurus eKTP karna rusak, apakah mesti nunggu lama juga?

    Syeilendra said..
    Wah maaf sy kurang tahu juga..

  4. Bawor said

    Ada lagi yang lucu baru baru ini, baca detik.com tgl 29 Agustus 2016 “Segera Rekam e-KTP Jika Tidak Ingin NIK Diblokir “. Ini negara macam apa kalo itu dilakukan, warga negara selayaknya dipermudah bukan dipersulit. Perekaman itu harus berjalan terus menerus, Alasannya adalah karena setiap hari selalu ada warga yang baru berumur 17 tahun, dan waktu itulah mereka membuat ktp.

Leave a Reply

 
