Hey, what's going on?

Information-driven decision dalam transportasi

Posted by Syeilendra Pramuditya on August 15, 2012

Tidak, tulisan ini tidak sekeren judulnya ko, tulisan ini hanyalah tentang kemacetan di Indonesia dan kegiatan pengambilan keputusan dalam mengemudi. Solusi yang lebih permanen untuk mengatasi kemacetan tentu saja adalah perbaikan dan pembangunan sistem transportasi yang lebih baik.

Dulu ketika saya masih tinggal di Indonesia (di Bandung tepatnya), tiap saya mau pergi kemana2 pasti pertanyaan yang segera muncul adalah “aduh sekarang di jalan lagi macet ga ya? jalur mana yang ga macet ya?“. Dan saya selalu tidak tahu pasti jawabannya. Okey saat itu memang jalan2 di Bandung hampir setiap saat selalu saja macet, tapi maksud saya adalah pasti akan sangat membantu kalau saya bisa mengetahui informasi ini dengan akurat.

Salah satu keajaiban Indonesia: kondisi lalu-lintas sudah segila ini tetap saja kita tidak membangun subway. Btw coba perhatikan, itu kebetulan ada ambulans terjebak di kerumunan motor, bayangkan apa tidak setres pasien di dalamnya?

Misalnya saja ada 3 alternatif jalur (sebut saja jalur A, B, dan C) yang bisa saya gunakan dalam perjalanan saya dari titik 1 ke titik 2. Saat itu keputusan yang saya ambil selalu berdasarkan tebak2an dan feeling saja, dan tidak berdasarkan informasi tentang kondisi yang sebenarnya di ketiga jalur tersebut. Coba misalnya informasi tersebut tersedia untuk saya, tentu ceritanya akan lain. Maksudnya? Iya, misalnya saya bisa memonitor dan tahu dengan pasti bahwa jalur B adalah jalur yang paling tidak macet dan karenanya adalah jalur yang harus saya pilih dalam perjalanan saya. Dengan demikian saya kan tidak akan menambah kemacetan di jalur A atau C, dan perjalanan saya juga akan menjadi jauh lebih menyenangkan. Everybody is happy, saya senang karena memilih jalur yang tepat, orang2 di jalur A dan C juga senang karena saya tidak menambah lagi kemacetan di jalur mereka. Atau kalau misalnya saya tidak sedang buru2, dan saya tahu bahwa semua jalur kondisinya sedang macet total, mungkin saya akan memilih untuk menunda perjalanan saya selama beberapa jam sampai jalanan tidak macet lagi, atau saya bisa memilih menggunakan transportasi umum saja sehingga kapan saja saya bisa turun dan jalan kaki kalau macetnya sudah setingkat ‘tidak masuk akal‘. Atau kalau macetnya sangat parah dan tidak kunjung mereda, ya saya batalkan saja sekalian rencana saya. Lagi2 everybody is happy, saya tidak menyesal di jalan karena tidak terjebak kemacetan, dan orang2 di jalan pun senang karena saya tidak semakin menambah kemacetan.

Tanpa kemampuan mendapat informasi yang akurat tentang kondisi realtime di jalan raya, kita jadi seperti berjalan di kegelapan, dan pengambilan keputusan pun jadi kegiatan untung2an. Dulu sering sekali saya ngabatin dalam penyesalan, seperti “waduh.. kenapa tadi saya ngambil jalur ini ya, coba ngambil jalur yang satunya, mungkin lebih lancar..“, atau “aahhh.. nyeseeel.. tau macet gila gini sih mending tadi ga jadi aja..“.

Itu dia masalahnya: saya tidak bisa tahu sebelumnya.

Lalu bagaimana?

Simpel saja: realtime traffic load map.

Sebuah teknologi dalam bentuk colored map yang bisa diakses dari mobile devices. Ruas2 jalan ditandai dengan warna yang berbeda2 berdasarkan traffic load saat itu. Anda yang pernah bermain game SimCity pasti segera bisa membayangkan, ya peta semacam ini (saya ambil dari game SimCity 3000 Unlimited):

Contoh traffic load map dari game SimCity 3000 Unlimited

Sejak beberapa waktu yang lalu Google Earth memang sudah menyediakan fitur dengan konsep semacam ini, cuma sayangnya fitur tersebut hanya tersedia untuk wilayah Jakarta saja, dan juga sepertinya tidak meng-cover seluruh jalan di Jakarta. Mungkin karena metode data acquisition yang digunakan masih belum optimal atau karena hal lainnya.

Pasti akan sangat membantu sekali kalau hal ini bisa tersedia.

So, adakah engineer Indonesia yang berminat membuat/mengembangkan teknologi ini?

Leave a Reply

 
