Hey, what's going on?

Tujuh keheranan saya atas berita merdeka.com tentang PM Israel yang dikatakan merendahkan dunia Islam

Posted by Syeilendra Pramuditya on June 23, 2012

DISCLAIMER: saya sama sekali bukan ingin membahas mengenai konflik Palestina-Israel dan segala kerumitan didalamnya, saya semata2 hanya ingin meng-analisa salah satu berita di merdeka.com.

Barusan kebetulan saya melihat berita di merdeka.com yang judulnya saja sudah cukup menyita perhatian:

Netanyahu: Kaum muslim tak akan mampu saingi Israel

Beritanya bisa dilihat disini.

Entah kenapa ketika sekilas saja saya melihat berita itu, saya merasa seperti ada sesuatu yang salah. Terutama saya heran dengan gaya bahasanya yang terlihat terlalu direct. Gaya bahasa seperti ini sangat tidak biasa digunakan para politisi dunia, apalagi mereka tahu bahwa pernyataannya akan dikutip oleh media2 dunia dan berpotensi berpengaruh terhadap hubungan diplomatik, sentimen publik, political balance, dlsb. Karena itu mereka biasanya lebih suka menggunakan gaya bahasa indirect dan terkadang multitafsir.

Karena penasaran, saya ingin trace ke sumber aslinya. Ada 2 sumber yang disebut merdeka.com: foto berasal dari Reuters, dan beritanya berasal dari Yedioth Ahronot. Di website Yedioth (ynetnews.com), saya menemukan artikel yang hampir pasti merupakan sumber asli yang dikutip merdeka.com, artikelnya bisa dilihat disini.

Ketika membandingkan berita di merdeka.com dengan yang di ynetnews.com, saya malah jadi tambah heran.

Berikut ini hal2 yang membuat saya heran:

Heran pertama

Judul yang dipilih merdeka.com adalah “Netanyahu: Kaum muslim tak akan mampu saingi Israel“. Dalam bahasa Inggris, kalimat ini kira2 akan terdengar seperti:

Netanyahu said: Muslims/Islamic world will not be able/will never rival Israel.”

Saya tidak bisa menemukan pernyataan yang di-klaim dikatakan Netanyahu ini di artikel ynetnews.com, baik tersurat maupun tersirat. Saya mohon bantuan anda semua untuk memeriksanya lagi, dan tolong jelaskan kepada saya kalau anda berhasil menemukannya.

Heran kedua

Di paragraf pertama, merdeka.com menulis “Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyatakan kaum muslim sulit menciptakan teknologi mumpuni“. Dalam bahasa Inggris, kalimat ini kira2 akan terdengar seperti:

Israeli prime minister Benjamin Netanyahu said/stated that Muslims/Islamic world will have difficulty/will feel difficult/will find it difficult to invent/create/develop/devise high level/complex technologies.”

Sama seperti heran pertama, lagi2 saya tidak bisa menemukan pernyataan yang di-klaim dikatakan Netanyahu ini di artikel ynetnews.com, baik tersurat maupun tersirat. Saya mohon bantuan anda semua untuk memeriksanya lagi, dan tolong jelaskan kepada saya kalau anda berhasil menemukannya.

Kalimat yang dianggap berkorelasi mungkin saja adalah kalimat ini: Netanyahu addresses Presidential Conference, ponders whether Arabs, Muslims will be able to partake in global progress. Tapi kalimat ini (dan kata2 “ponders”, silahkan cek di kamus2) sangat sulit (if not logically impossible) untuk diartikan menjadi “Netanyahu menyatakan kaum muslim sulit menciptakan teknologi mumpuni“.

Heran ketiga

Masih di paragraf pertama, merdeka.com menulis “Dia pun memperkirakan pemerintahan Zionis bakal berjaya sepenuhnya di akhir abad nanti“. Dalam bahasa Inggris, kalimat ini kira2 akan terdengar seperti:

He predicted/expected/forecasted/believes that his country/Israel will be totally/absolutely victorious by the end of the century.”

Masalahnya sama persis dengan heran pertama dan heran kedua. Kalimat Netanyahu di ynetnews.com yang mungkin dianggap berhubungan adalah sebagai berikut:

I have no doubt that by the end of the century, militant Islam will be defeated. I don’t think you can cloister young minds.

Tapi kalimat ini menurut saya tidak bisa tiba2 ditulis sebagai Netanyahu mengatakan “Zionis bakal berjaya sepenuhnya di akhir abad“.

Heran keempat

Di paragraf kedua, merdeka.com menulis “Setelah memuji perkembangan teknologi bangsa Yahudi, dia tiba-tiba menilai bangsa Arab dan dunia muslim keseluruhan sulit mencapai kemajuan seperti Israel.” Dalam bahasa Inggris, kalimat ini kira2 akan terdengar seperti:

Netanyahu said/thought/believes the Arabs/Arab peoples/Arab nations/Arab world and the entire Islamic/Muslim world/Islamic/Muslim world as a whole will have difficulty/will feel difficult/will find it difficult to achieve such progress/advancement as that of Israel.

Masalahnya sama persis dengan heran pertama, heran kedua, dan heran ketiga.

Heran kelima

Masih di paragraf kedua, merdeka.com menulis “Pertanyaannya, ketika dunia sudah bergerak secepat ini, bisakah dunia Arab dan Islam secara keseluruhan ikut serta dalam kemajuan ini? Saya cukup ragu,” ujar Netanyahu.

Keheranan saya adalah tentang bagian yang saya garis bawahi. Kalimat di ynetnews.com yang hampir pasti merupakan sumber asli dari kalimat diatas adalah saya kutip sebagai berikut:

“The real question in our time is: will the Arab peoples, will the Islamic world, will the Islamic-Arab world and the Islamic-Iranian world all be able to partake in this bounty of progress?,” he said.

Masalahnya di kalimat ini (dan di seluruh artikel beritanya), tidak ada bagian yang bisa diartikan/diterjemahkan/di-interpretasikan (dengan benar dan logis) sebagai keraguan Netanyahu, baik secara tersurat maupun tersirat. Tidak ada kata2 “I doubt”, “I am not sure”, “I don’t believe”, dan sejenisnya.

Kemudian ynetnews.com malah menulis kalimat berikut (yang tidak dikutip oleh merdeka.com):

“The question is: can we get the devices of freedom, that is these technological breakthroughs, literally in the hands of young Muslims and young Arabs. I think the answer is: yes. That will happen. “

Di kalimat ini Netanyahu justru mengatakan yakin bahwa kaum muda Muslim dan Arab akan memiliki akses terhadap technological breakthroughs.

Heran keenam

Di paragraf kelima, merdeka.com menulis “Menanggapi isu nuklir Iran dan Korea Utara, perdana menteri dari Partai Likud ini menganggap gerakan militan merupakan ancaman nyata. Mereka berbahaya karena bodoh namun merasa kuat dengan menciptakan senjata pemusnah massal.

Di artikel ynetnews.com, sama sekali tidak ada kata2 “nuclear“, “weapon of mass destruction (WMD)“, ataupun “North Korea“. Di ynetnews.com saya juga tidak bisa menemukan kalimat yang bisa diartikan/diterjemahkan/di-interpretasikan (dengan benar dan logis) sebagai pernyataan Netanyahu “bodoh namun merasa kuat“, baik secara tersurat maupun tersirat. Terutama sekali kata2 bodoh tsb datang dari mana? sumbernya dari mana?

Heran ketujuh

Di paragraf terakhir, merdeka.com menulis:

“Saya percaya seluruh bangsa di ujung abad akan berpaling kepada demokrasi dan nilai-nilai liberal,” ujar dia. 

Dalam bahasa Inggris, kalimat ini kira2 akan terdengar seperti:

I do believe that by the end of the century, all nations will turn to democracy and liberal values

Masalahnya di ynetnews.com, sama sekali tidak ada kata2 “democracy” ataupun “liberal”, yang ada hanyalah kata2 “freedom”. Di ynetnews.com saya tidak bisa menemukan kalimat yang bisa diartikan/diterjemahkan/di-interpretasikan (dengan benar dan logis) sebagai pernyataan Netanyahu seperti kalimat diatas, baik secara tersurat maupun tersirat.

Sedikit heran tambahan

Hal lain yang membuat saya heran adalah di seluruh artikel yang saya bicarakan ini, merdeka.com menulis kata2 “Arab”, “Israel”, “Yahudi”, dan “Zionis” dengan benar, tapi kenapa merdeka.com selalu menulis kata “Muslim” sebagai “muslim” (huruf pertama bukan huruf besar)? Kata2 “Muslim” merepresentasikan sebuah entitas relijius/sosial/politik yang huruf pertamanya harus ditulis dengan huruf besar, sama seperti kata2 “Arab”, “Zionis”, dlsb. Dan coba anda periksa satupersatu portal2 utama berita dunia (Reuters, CNN, BBC, Aljazeera, Associated Press, dll), mereka selalu menulis kata2 “Muslim” dengan benar, bahkan harian Yahudi Yedioth Ahronot pun selalu menulisnya dengan benar.

Ada beberapa kemungkinan yang bisa menjelaskan keheranan2 saya ini:

  1. Berita yang barusan saya lihat di website Yedioth Ahronot sudah diubah/diedit, sehingga berita yang saya lihat tidak lagi sama dengan berita yang dilihat oleh penulis berita merdeka.com ketika ia menulis artikelnya. Kalau ini benar, maka merdeka.com pasti bisa dengan mudah menunjukan buktinya, arsip dalam bentuk PDF atau printscreen capture misalnya.
  2. Ada beberapa artikel lain di ynetnews.com yang menjadi sumber beritanya. Tapi saya sudah coba search ynetnews.com dengan keyword Netanyahu (saya juga mencoba keyword Iran dan North Korea) dan saya menemukan hanya ada satu artikel saja yang menurut saya berhubungan dengan berita ini, tidak ada yang lainnya.
  3. Penulis berita merdeka.com menulis beritanya berdasarkan beberapa sumber, bukan hanya ynetnews.com. Kalau ini benar, maka tolong disebutkan sumber2 lainnya tersebut.
  4. Pihak merdeka.com mengirim reporternya langsung ke Israel untuk meliput berita ini, dengan demikian berita yang ditulis adalah first hand account yang bisa dipercaya. Tapi kalau ini benar, kenapa merdeka.com menulis dengan jelas bahwa sumbernya adalah Yedioth Ahronot?
  5. Dan macam2 possible explanations lainnya

Saya bukan ingin membela Israel atau Netanyahu, saya hanya ingin masyarakat Indonesia bisa mendapat berita2 yang fair, benar, dan akurat. Republik kita sudah keruh, jangan dibuat semakin keruh.

Ini adalah opini dan analisa pribadi saya, saya mohon maaf bagi yang tidak berkenan, saya juga mohon maaf bila ternyata saya salah.

Terimakasih.

http://wp.me/p61TQ-Nr

3 Responses to “Tujuh keheranan saya atas berita merdeka.com tentang PM Israel yang dikatakan merendahkan dunia Islam”

  1. ombo said

    thanks bro buat analisanya…

  2. wildan said

    terima kasih atas penjelasannya,,,,,,,,,

  3. qoliz said

    enjoy ja masbro..indonesia cuman punya satu masalah koq **************** KORUPSIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIII

Leave a Reply

 
