Hey, what's going on?

Uang kertas, inflasi, redenominasi, dan kebingungan

Posted by Syeilendra Pramuditya on December 21, 2011

Berita menarik bulan ini: BI berencana melakukan redenominasi mata uang rupiah 1:1000 dengan time frame 10 tahun, ini berarti kita akan memasuki masa sosialisasi dan transisi moneter, yang juga berarti orang2 akan mencari tahu dan berfikir (lebih dari biasanya) tentang mata uang.

Orang2 akan memiliki kesadaran  moneter lebih tinggi dari biasanya, di saat seperti ini bukan hanya BI yang bisa sosialisasi, tiap2 kita juga harus melakukan sosialisasi tentang sistem keuangan & moneter aneh yang entah kenapa terus-menerus diterapkan selama puluhan tahun, so teman2, di waktu2 luang, mari kita semua pelajari tentang inflasi dan redenominasi, mari pelajari betapa hal ini sudah terjadi puluhan kali di banyak negara, dan akan selamanya terjadi selama banknote digunakan sebagai currency, mari juga pelajari bagaimana inflasi dan spekulasi & manipulasi keuangan (krismon 97/98 adalah salah satu contohnya) telah merusak purchasing power semua orang.

Inflasi di Jerman tahun 1920an

Di waktu2 senggang, mari jelaskan pada orang2 sekitar kita tentang inflasi uang kertas dan semua kebingungan yang menyertainya, saat2 seperti ini, ketika perubahan moneter yang cukup signifikan akan terjadi, adalah momentum yang sangat bagus sekali bagi kita semua untuk mempelajari, mendiskusikan, dan mensosialisasikan kembalinya sistem moneter berbasis real money: koin emas dan perak.

Satu negara bagian Malaysia, Kelantan, sudah memulai gerakan kembali ke real money emas dan perak. Dan salah satu agenda utama capres 2012 Amerika, congressman Ron Paul juga adalah kembali ke real money. Gerakan kembali ke real money sudah dimulai di berbagai belahan dunia sejak bbrp tahun lalu, termasuk pendirian World Islamic Mint. Kalau perubahan politik di Mesir (katanya) bisa terjadi karena facebook dan twitter, mengapa tidak perubahan moneter di Republik Indonesia juga bisa terjadi karena facebook dan twitter.

Terimakasih telah membaca artikel singkat ini, dan saya meng-encourage anda semua untuk menulis artikel semacam ini, siapa tahu perubahan yang sebenarnya akhirnya bisa benar2 terjadi.

Silahkan baca juga:

*Saya merekomendasikan anda membaca artikel2 dan buku2 congressman Ron Paul tentang sistem moneter berbasis real money.

http://us.finance.detik.com/read/2011/12/06/074028/1783497/5/rp-1000-segera-berganti-menjadi-rp-1 [arsip]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: