Hey, what's going on?

Hal2 yg akan saya rindukan tentang Jepang

Posted by Syeilendra Pramuditya on June 27, 2011

Entah kapan saya akan meninggalkan negeri ini, yg jelas suatu hari nanti insya Allah saya harus pergi juga dari Jepang. Tapi walaupun saat ini saya masih akan berada di Jepang, rasanya saya sudah bisa membayangkan apa2 saja yang akan saya rindukan setelah saya meninggalkan negeri ini. Dulu ketika pertama datang, terus terang perasaan saya biasa2 aja, ga terlalu “gimana” gitu. Tapi seiring berjalannya waktu, lama2 saya rasanya jadi suka juga sama Jepang, suka banget malah, bahkan sepertinya saya sudah jatuh cinta sama negeri yang indah ini.. yaa walaupun saya memang belum tau sih rasanya tinggal di negeri lain seperti Amerika or negeri2 Eropa.. mungkin juga sama menyenangkannya ya.. semoga aja ntar dapet kesempatan untuk merasakan juga tinggal di Eropa huehuehue.. amiiin..🙂

Lalu apa hal2 yang saya suka dari Jepang? dan apa yang akan saya rindukan ketika saatnya tiba untuk meninggalkan negeri ini?

Heheheh.. sebenarnya hal2 yg ga terlalu serius sih.. misalnya..

Kamar mandi di apartemen saya🙂 buat saya kamar mandinya amat sangat nyaman sekali, airnya melimpah dan jernih, tidak pernah mati pula, ada shower air hangat, ada bathtub, mantaf pokonya..

Air keran yang bisa langsung diminum, klo mau minum ga perlu repot2 masak or beli air botol/galon, ini jelas udah standar di negara2 maju, yg jelas di Bandung belum ada yg beginian.. (oke di komplek perumahan saya, exactly speaking :D)

Apartemen saya yg nyuamann bgt, ukurannya just perfect, ga terlalu besar (ga cape ngebersihinnya), n ga terlalu kecil, n lengkap lah pokonya, ada mini-kitchen, ada balkon, ada mesin cuci di balkon, ada AC, lantainya wooden-look, lampunya pake remote n ada timer nya segala, ada fiber optic internet connection, belum lagi kompor induction heating kesayangan saya.. ah.. miss u already..

Polisi Jepang yang kawai dan ramah, di Jepang kalau ada laporan kehilangan sepeda, polisi langsung sweeping sekitar daerah itu, dulu pertama kali ngalamin sweeping di sekitaran Midorigaoka agak grogi juga, gmn Nihongo wakarimasen, eeh.. taunya polisinya ruamahh bgt, saat itu dia kira sy Nihon-jin (emang mirip??), sy tau krn samar2 dlm bhs Jepang dia bilang “loh sampeyan orang Indonesia?? oalah sy kira orang Jepang mas”, n pas tau sy ryugakusei mereka malah bilang “gambatte ne!” sambil ketawa2, hwahahaha jd mau ketawa jg, total klo ga salah so far sy kena 5 kali sweeping ky gini pas lg pulang naik sepeda tengah malem (sekriminal itukah wajah saya..? :D), satu kali pun ga pernah ada pengalaman tidak menyenangkan, lha polisinya aja naik sepeda onthel, gmn mau serem..

Polisi Jepang dengan sepedanya

Pelayan2 supermarket, bank, kantor pos, dlsb yang ruarr biasa perhatian ke pelanggan, kita baru masuk pintu aja udah disapa irashaimase lengkap dgn senyum ramah, di kasir ga ada petugas yg saling ngerumpi, semuanya fokus ke pelanggan yg sedang dilayani, pas sepi ya para kasir ini diam mematung nunggu pelanggan yg mau bayar (coba deh liat di Tokyu Store), n pas kita keluar n dia bilang arigatou gozaimashita, ga jarang semua petugas teriak trimakasih juga (ky di toko2 kecil di shopping street Ishikawadai), pokonya semua pelayan ingin terlihat sbg yg paling sigap dan paling ramah terhadap pelanggan, salut..

Irashaimase!!!!!!!!!!!

Orang2 yang selalu saja bilang sumimasen, klo di jalan kebetulan senggolan or kejadian kecil lainnya, ga peduli siapa yg salah, semua orang pasti bilang sumimasen, sopan bgt..

KRL yang bersih dan ontime, sangking nyamannya, kayanya ditawari mobil pun saya bakal nolak, lha buat apa? keretanya udah nyaman bgt gitu, bersih, bebas macet n ontime (kecuali klo lg ada yg bunuh diri sih..), ada AC nya juga, klo punya mobil malah berabe cari parkirnya..

Di Jepang, ga boleh senam di dalam kereta.

Administrative things yang ga neko2, beberapa kali sy harus mengurus macam2 dokumen ke beberapa kantor pemerintah (insurance reduction lah, perpanjang visa lah, update alien card lah, dll), pelayanannya kelas wahid, walaupun dlm beberapa kasus mereka ga bs bahasa Inggris, somehow mereka tetap berusaha berkomunikasi, semua aturan juga jelas n biasanya dengan mudah bisa didapat di internet, dan yg tertera di website ya memang konsisten, jadi datang ke kantor2 tsb ga kebingungan, dan juga sama sekali ga hawatir ditipu🙂

Musim gugur yang indah, ini musim favorit saya (menurut sy jauuuuh lebih indah dari musim semi, a perfect symphony of colors..), pas daun2 berubah warna jadi kuning dan merah, suhu udara sejuk, apalagi kalau momiji ke pinggir danau or gunung, beuhh tentrem n damai hati ini pokonya..

Magical autumn…….

Tentu sy jg akan merindukan tingkat kemakmurannya yg tinggi, pemandangan gedung2 pencakar langit yg megah di Tokyo, rumah2 dgn arsitektur keren, mobil2 Ferrari, Jaguar, Lotus Roadster, Hummer dll yg berseliweran bebas di jalan2 raya (BMW n Mercy mah ga usah disebut, biasa bgt di sini soalnya :D). Walaupun di sini ternyata ada juga orang2 ga punya, setidaknya sy pernah liat beberapa orang Jepang yang tinggal di gerobak n kardus2, tepat didepan Tokyo Metropolitan Government Building di Shinjuku, walaupun tampang dan pakaiannya rapih juga. Karena itu saya berterimakasih kepada Sensei saya dan pemerintah Jepang, yg sudah berbaik hati memberi beasiswa Monbusho, sehingga saya bisa mencicipi kemakmuran negeri ini, n bisa makan 4 sehat 5 sempurna every day, every single day, heheheh😀

Pedagang2 yang jujur (Update, July 1), ini adalah satu hal lagi yang membuat saya tidak merasa khawatir ditipu. Sebagai seorang Muslim, saya memiliki beberapa constraint dalam mengkonsumsi makanan dan minuman, untungnya, pedagang2 makanan di sini sangat jujur, misalnya dulu ketika awal2 tiba di Jepang, saya mencoba membeli bento take out di kantin kampus, saya lihat tema bentonya seafood, but just to make sure saya coba tanya apa itu bento mengandung butaniku, si pelayannya dengan jujur bilang “iya ada, tapi sedikit sekali (ia bilang cotto, sambil menggerak2an tangannya), itu di siomaynya“, ya akhirnya saya tidak jadi membeli bento itu. Pernah juga saya bersama teman2 lab pergi ke sebuah restoran untuk makan malam, sebelum masuk ke restoran, seorang teman Jepang bertanya ke pelayannya apakah ada makanan yang ‘aman’ buat saya, ternyata si pelayannya bilang tidak ada, akhirnya kami pun tidak jadi makan di situ dan mencari restoran lain. Walaupun resikonya kehilangan beberapa pelanggan, ternyata mereka memilih untuk menjawab dengan jujur mengenai makanan yang mereka sediakan. Apapun motivasi mereka, yang jelas mereka jujur..

Btw secara umum, menurut saya orang2 Jepang itu lucu2, kawai ne..🙂 bahkan polisinya aja kawai

Ahh.. rasanya ga ingin pergi dari negeri yang indah ini…….

*List ini sangat mungkin akan saya tambah lagi, nanti pas kepikiran hal2 menarik lainnya

Shortlink: http://wp.me/p61TQ-E6

9 Responses to “Hal2 yg akan saya rindukan tentang Jepang”

  1. jadi pengen ke jepang… ngicipin tingkat kemakmuran yang tinggi itu hehhehe^.^
    bagaimana ya? hehhehee

    Syeilendra said..
    Hello salam kenal🙂

  2. intan said

    huaaa, baru baca sekilas aja uda bikin iri dan miris.. *sobbing
    wait for the next comment yah.. hahah

    Syeilendra said..
    bahagianya bisa membuat orang lain iri dan miris, hahaha joking😀

    • intan said

      hahaha, tuh kan mas mirip Yuuji Oda..
      dia uda umur 44 sekarang.. msh tetep ganteng😄

      kalo gak, mungkin mas mirip org jepang yg di Sapporo, Hokaido, rada tanned sedikit .. hahahaha

      btw mas nulis gini pasti uda mau balik indo yah? ayo ngaku… wkwkwkk

      Syeilendra said..
      wkwkwkwk mirip dari mananya tan???

      klo diliat2, kynya si Yuji Oda deh yg mirip orang Indonesia😀
      haduh haduh engga tan, blm balik dlm waktu dekat, ntar suatu hari nanti sy baliknya hahaha😀

  3. intan said

    hahaha, iya mgkn si yuuji oda yg mirip sm orang indonesia.. tp kok mas tetep dikirain orang jepang ya? wkwkkwkwk, apa mas jalannya cepat sperti orang jepang..?😄

    huaa, nihon ni ikitai na..😦
    ohya mas, masih nerima kartu pos ga? pengen coba kirim kesana sampe gak ya?
    hehe

    Syeilendra said..
    Hehe mungkin krn waktu itu tengah malem, jd pak polisinya udah pd ngantuk tuh😀
    tenang tan, ntar di oslo hemat n nabung yg banyak (klo perlu makan sekali aja sehari), n pas liburan maen deh ke Jepang:mrgreen:
    sy sih dsini blm pernah nerima kartu pos, kynya sih ya bakal nyampe, umm klo mau kirim sekalian nitip deh, nitip rendang, sate ayam, es kelapa muda, n indomie sekardus ya wkwkwkwk..😀

  4. intan said

    hahhahaaha..hmm liburan ke jepang tempting sekali.. I’ll think about it.. =D
    mas makan sehari sekali? =(

    hehehe, kalo rendang, sate ayam, es kelapa muda sampe di jepang mungkin uda ga enak mas.. jd gak mungkin di kirim..haha
    indomie? bukannya enakan ramen ya?😄

    fine, alamat mas apa? saya kirim gudeg dari sini.. hahahah..

    Syeilendra said..
    iya sehari sekali, tapi sekali makan abis 3 porsi:mrgreen:
    beuh.. ramen mah kalah jauuuh sama indomie, apalagi yg kari ayam tuh🙂
    ok klo gt, kirim aja ke PO Box 4425 ya😀

    • intan said

      anyway mas, staw saya kalo paket ga bisa dikirim ke PO box deh. emang kardus nya muat ya masuk kotak pos.. hahah harus pake courier gtu kynya..

      Syeilendra said..
      yoi, klo paket dianter ma kurir kantor pos, lagian itu po box nya fiktif, hahaha..😀

  5. wah?? seneng sendiri baca pengalaman kakak…
    kira2 klo lewat Fak. Sastra bisa k sana ga ya???

    Syeilendra said..
    hmm.. I would say: why not?🙂

  6. intan said

    mas, indomie dsini 10 kroners dapet 3!😄

    ada indomie ga dsana mas? trs ada pasar yg jual bahan2 dr indonesia ga?
    dsini ada kecap manis dan kecap Asin ABC, sambel ABC, ada pete, kecipir, tahu, tempe, dan masih banyak lg…

    mas dsana makan apa tiap hr? hahaha yah nasi lah pastinya yah.. =D

    Syeilendra said..
    indomie sih ada, harganya sekitar 100 yen, bahan2 ala Indonesia juga klo dicari kynya ada sih hehe..
    hee.. y g tiap hari makan nasi, kadang2 klo lg pengen makan spaghetti juga =P

  7. diba said

    wah thanks for sharing…jadi nambah motivasi buat maju lagi ne…sekarang lagi ngerjain tugas akhir…ya semoga dapet kesampatan belajar ke jepang dan mencicipi kemakmuran…belajar dan berkarya terus…
    terimakasih mas ,,

    Syeilendra said..
    Siip.. ok sukses ya

Leave a Reply

 
