Hey, what's going on?

Simbol fisik kemajuan sebuah negara

Posted by Syeilendra Pramuditya on February 6, 2011

Kemajuan dan keberhasilan pembangunan fisik sebuah negara itu setidaknya disimbolkan oleh 3 hal:

  1. Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN). PLTN melambangkan betapa aktif dan dinamisnya kegiatan produksi dan juga kualitas hidup sebuah bangsa. PLTN dibutuhkan hanya oleh negara2 yang mengkonsumsi energi dalam jumlah sangat besar, negara yang tidak punya industri2 raksasa kelas dunia tidak akan pernah butuh PLTN, kebutuhan energinya sudah terpenuhi dari sumber2 energi konvensional. PLTN melambangkan tingginya konsumsi energi sebuah bangsa, dengan demikian melambangkan tingginya kualitas hidup bangsa itu. PLTN juga melambangkan tingginya tingkat kecerdasan dan kedisiplinan sebuah bangsa, karena teknologi nuklir (bersama teknologi penerbangan), adalah teknologi dengan tingkat keamanan tertinggi. Disini saya menggunakan istilah PLTN dan bukan Reaktor Nuklir, karena reaktor nuklir bisa hanya berarti tempat terjadinya reaksi nuklir tanpa menghasilkan daya listrik, kalau ini sih Indonesia sudah punya dari zaman dahulu kala, yaitu reaktor2 nuklir riset milik BATAN.
  2. Metro subway (kereta bawah tanah). Subway melambangkan betapa sebuah bangsa sangat menghargai waktu, karena tepat waktu adalah salah satu ciri utama dari subway, ok setidaknya di Jepang. Kalau ada janji dengan seseorang, saya bisa dengan mudah bilang “ok saya sampai di stasiun Harajuku jam 16:22“, hal yang tidak mungkin dilakukan kalau menggunakan kendaraan dan jalan raya. Subway juga melambangkan masyarakat yang menyukai hidup hemat dan efisien. Kita tau kalau orang2 Jepang itu kaya, tapi untuk pergi bekerja, mungkin hampir semua orang menggunakan subway, adalah hal yang sangat umum orang2 dengan setelan jas lengkap dan rapi bergelantungan di subway, setiap pagi dan petang di Tokyo. Padahal mungkin sebenarnya kebanyakan dari mereka punya kendaraan pribadi, tapi sepertinya mereka menggunakannya hanya untuk keperluan2 tertentu saja, seperti jalan2 bersama keluarga di akhir pekan.
  3. Pedestrian walk dan taman2 kota yang nyaman (to a lesser extent). Pedestrian walk yang nyaman bisa dibilang hanya ada di negara2 maju, dan tidak ditemukan di negara2 berkembang. Di Tokyo, pedestrian walk pada umumnya sangat lebar, sehingga nyaman sekali untuk dilalui, baik dengan berjalan kaki atau naik sepeda. Karenanya, adalah hal yang sangat biasa ibu2 Jepang mendorong2 kereta bayinya, atau membonceng anak2nya di sepeda, hal yang sulit dilihat di negara berkembang. Demikian nyamannya, naik sepeda dengan jarak tempuh 5 km hampir tidak terasa.

Setelah lebih dari 60 tahun bangsa kita bekerja keras membangun, hanya simbol nomor 3 lah yang bisa dilihat di Indonesia, itupun sepertinya hanya di daerah2 elit Jakarta.

Kesempatan membangun negara masih terbuka lebar, kawan!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: