Hey, what's going on?

My 2010 summer internship

Posted by Syeilendra Pramuditya on August 20, 2010

Hari ini saya akhirnya menyelesaikan summer internship saya selama 3 bulan di sebuah lembaga penelitian di central Tokyo, Jepang.

Kantor saya terletak di lantai 8 gedung dengan kaca warna hijau itu

Internship selama 3 sampai 6 bulan ini wajib diambil oleh mahasiswa2 Tokodai yang enrolled in the so-called integrated program. Perihal internship ini sempat bikin pusing juga, masalahnya kampus mewajibkan kami untuk mengambil internship somewhere outside campus, tapi Tokodai tidak memfasilitasi tempat internship-nya, dengan kata lain kami harus berusaha mencari sendiri. Memang saya sempat beberapa kali mendapat email dari kantor jurusan tentang tawaran internship (インターンシップ) dari beberapa perusahaan Jepang, tapi email2 itu 100% berbahasa Jepang, jadi memang sepertinya bukan ditujukan untuk kami para gaijin. Kami biasanya mengandalkan Sensei untuk menemukan tempat internship ini, yang memang biasanya memiliki jaringan yang kuat di lingkungan korporasi2 maupun research institute di luar kampus.

Sensei sepertinya sempat dibuat repot juga dengan hal ini, dan sempat meminta saya untuk mencoba berusaha mencari sendiri, maklumlah para profesor memang biasanya selalu super sibuk. Jadilah sekitar bulan April kemarin saya mencoba mencari peluang iternship.

Karena aturan tidak menyebutkan bahwa tempat internship harus berada di Jepang, wah saya pikir ini kesempatan untuk berpetualang ke luar Jepang, lalu kemana dong? kemana lagi, tentu ke my favorite continent: Europe!

Di Eropa terdapat beberapa nuclear-related organizations, terutama di Jerman, Prancis, Benelux, dan Austria. Waktu itu saya desperately🙂 mengirim ke hampir semuanya, menanyakan tentang peluang internship.

Dari sekian banyak email yang saya kirim, mayoritas ditolak secara sopan dan halus =), hanya 2 yang mendapat respon positif.

Yang pertama dari kantor ENEN di Prancis, dibalas sekitar awal April. Tapi balasan emailnya kurang jelas juga maksudnya, orang yang membalas email saya ini menjelaskan tentang program2 internship bidang nuklir di Eropa, ia juga bilang akan berusaha membantu saya, orang yang baik =).

Dan yang kedua dari SCK-CEN di Belgia, dibalas sekitar pertengahan Mei. Yang ini isinya jauh lebih jelas, dari seseorang yang tampaknya senior researcher di tempat ini. Ia menawarkan internship yang akan dimulai  sekitar Agustus-September. Ia bahkan langsung menyebutkan proyek internship nya secara spesifik, yaitu design of spent fuel storage pond. Ia menjelaskan bahwa intern akan mendapat fasilitas asrama dan juga monthly allowance, tapi mereka tidak menaggung biaya pesawat.

Waduh.. sempet deg2an juga dapet email dari Belgia ini.. apa bener saya akhirnya akan ke Eropa..??? selama 3 bulan pula!! Waw.. waaaw…🙂

Tapi saya berfikir lagi tentang beberapa hal, seperti masalah keuangan (always! :mrgreen:), administrasi, tema proyek, dll dll.. hmm.. kalau saya ke Eropa selama 3 bulan sepertinya urusan2 di Tokyo bakal jadi lumayan ribet.. belum lagi tentang ongkos pesawat PP dari-dan-ke Belgia.. hmpff.. =(

Jadi gimana dong..?

Akhirnya untuk kedua kalinya, saya tidak jadi lagi ke Eropa.. mungkin memang belum saatnya..

Ternyata Sensei juga selama ini berusaha mencarikan internship untuk saya, beliau bilang di sebuah lembaga penelitian bernama The Institute of Applied Energy (IAE), yang berlokasi tidak terlalu jauh dari kampus Tokodai.

Kantornya terletak di Minato-ku, sebuah ku yang menurut saya sangat elit, letaknya bersebelahan dengan Chiyoda-ku, ku yang bisa dibilang merupakan pusat pemerintahan Jepang. Kantor ini lumayan dekat dengan Tokyo Imperial Palace, National Diet Building of Japan, dan Hibiya park (tempat makan siang yang asyik :)). Stasiun subway terdekatnya bernama Uchisaiwaicho.

Suasana jam makan siang di Hibiya park

Saya memulai internship ini pada hari Senin tanggal 24 Mei. Hari itu saya berkenalan dengan orang2 di divisi energi nuklir IAE, anggotanya tidak terlalu banyak, kurang dari 10 orang (seluruhnya bergelar Ph.D) plus seorang sekertaris bernama Harasawa-san. Saya juga berkenalan dengan  2 orang dari divisi lain yang ternyata lumayan bisa berbahasa Indonesia, yang seorang bercerita bahwa 25 tahun yang lalu ia pernah studi selama setahun di UI.

Yang menjadi tutor saya di IAE ini adalah teman lama Sensei, seorang Ph.D paruh baya bernama Dr. Noriyuki Shirakawa, ia bilang panggil saja “Shirakawa-san”. Hari itu ia menjelaskan hal2 daily life di kantor itu, seperti letak mesin minuman, microwave, letak kantor pos, bank, restoran, dll. Ia juga meminta saya menyiapkan sebuah presentasi untuk orang2 divisi nuklir IAE, tentang apa2 yang sudah saya kerjakan di Tokodai.

The National Diet Building of Japan

Karena pada dasarnya IAE tidak memiliki program internship, maka yang saya kerjakan di kantor itu bisa dibilang tidak berhubungan dengan pekerjaan mereka, saya tetap mengerjakan riset saya seperti biasa, atau dengan kata lain saya hanya memindahkan kursi dan meja saya dari Tokodai ke IAE, aneh memang..:mrgreen:

Tutor saya orangnya baik, setiap saya punya pertanyaan2 yang berhubungan dengan riset, ia selalu berusaha untuk menjelaskan dan membantu saya. Jam kerja saya adalah mulai jam 9 pagi sampai jam 4 sore, dan setiap hari Jumat saya meminta izin untuk melaksanakan solat Jumat di SRIT, hanya 15 menit naik subway dari IAE, tapi plus 20 menit jalan kaki dari stasiun Meguro🙂.

Tidak terasa 3 bulan akhirnya berlalu, kemarin tutor saya memberi omiyage berupa sebuah wind bell keramik khas Jepang berwarna merah. Terima kasih Shirakawa-san, hope to see you again soon! =)

Beberapa foto bisa dilihat di link berikut:

Minato and Chiyoda area, Tokyo

Short URL: http://wp.me/p61TQ-uV

One Response to “My 2010 summer internship”

  1. Willy said

    aga sayang.. napa tawaran intern di Belgia nya ga diambil aja..
    beasiswa Monbusho bisa minta bantuan Sensei u/ meng-handle, plus disana juga disediain beasiswa toh.

    Syeilendra said..
    hufff… iya bener wil, sayang jg itu peluang g diambil.. yah udah telanjur men..
    gpp.. maybe next time..🙂

    gmn wil, niat internship d Europe jg kah?? hehe..

Leave a Reply

 
