Hey, what's going on?

Repotnya jadi orang buta huruf..

Posted by Syeilendra Pramuditya on February 10, 2010

Baru aja balik dari Hiruma (semacam mini market), tadinya hanya mau beli jeruk n lauk buat makan siang, pas kebetulan lewat rak keju ko ada sesuatu yang tampak menarik, saya melihat sebuah label yg dibuat sedikit lebih besar dari label2 lainnya, bertuliskan huruf2 kanji dan ada angka “118”. Label itu dipasang tepat didepan rak keju yang biasanya harganya sekitar 200 yen, “hmm.. ada diskon lagi nih“, pikir saya, di Hiruma ini memang kadang2 ada diskon, waktu itu pernah keju yg harga normalnya 198 mereka jual dengan harga 158, pernah juga ada mie instan yang biasanya dijual 198 didiskon jadi 105, jadi sy ga heran2 amat klo tiba2 ada harga murah disitu. Karena saya lumayan doyan roti-keju panggang, jadi saya pikir diskon ini menarik juga, karena harga keju biasanya tidak ada yang semurah itu, jadilah tanpa ragu2 saya ambil 4 bungkus sekaligus keju diskon itu.

Setelah bayar dikasir dan melihat struk pembelian, saya lihat ko harga keju itu 198! loh?!? dengan bahasa tarsan saya coba jelaskan bahwa seharusnya harga kejunya 118 dan bukan 198, dan kasirnya menjawab dengan bahasa tarsan juga. Akhirnya kamipun pergi ke tempat rak keju itu, dan saya tunjuk label yang benar2 tepat berada di depan keju itu, eeh.. dengan santainya kasir itu bilang bahwa 118 itu maksudnya harga keju yang merek lain, dan dia mencoba mencari keju “merek lain” itu di sekitar keju yang saya beli, tapi tidak ketemu! Karena keju “merek lain” itu tidak ketemu, dengan santainya lagi dia bilang kalo di label itu kan ditulis merek kejunya, dan itu bukan 4 bungkus keju yang saya beli (for GOD sake! itu kan ditulisnya pake kanji!! mana gue ngerti!!! n knapa labelnya ditaro disitu seeh?!?), n tiba2 dia mencabut label 118 itu! yah.. saya cuma bisa melongo deh.. abis mau protes gimana..

Hal2 ga penting yang kadang bisa bikin kesel sendiri.. klo bahasa Jerman, Prancis, Belanda, dll kan masih mending, setidaknya ditulisnya pake “huruf manusia”, jadi kemana2 kan bisa bawa kamus saku, nah kalo kanji?!? hff.. buta huruf deh jadinya..

7 Responses to “Repotnya jadi orang buta huruf..”

  1. Meri said

    hahaha..dasar anak kuliahan..doyan barang diskon

    Syeilendra said..
    yo’i mer, itu mah udah hukum alam:mrgreen:

  2. wyw said

    soalnya belinya terlalu banyak, 4 bungkus!!

    dulu aku pernah beli di hiruma atau ichibang, mereka salah ngasih label harga, akhirnya terpaksa mereka merelakan rugi dikit dan ngasih dengan “harga yang salah” tsb.

    btw, gmn thesis defense nya?? Good Luck ya.
    i am sure you will do well!

    Syeilendra said..
    kasusnya beda wil, ini mah yg salah saya, kenapa ga “dibaca” itu label.. hff..
    i’m sure you will do well too!! =P

  3. he he pake image recognition juga bisa mas… tinggal dicocok2in gambar tulisan di tag harga sama di produk, apakah sama atau tidak😀
    kalaupun benar kita salah lihat dan harganya gak sesuai dengan asumsi kita sebelumnya, sepertinya kita juga boleh cancel pembelian, atau pilih produk lain. eh btw bukannya bahasa jepunnya udah jago nih?

    Syeilendra said..
    serba salah mas, klo sy kelamaan ngeliatin n megang2 tu barang ntar malah dikira mau maling lagi.. bs berabe.. =D
    hahaha.. jago apaan??? bhs tarsan sy ahlinya =P

  4. intan said

    Hi mas Syei, kok FB nya di private gtu sih?
    hahahah, lagi ansos yah..apa uda mulai terganggu privacy nya karna FB? =D

    Anyway, cerita yg ironis juga ya…hohoho..
    dlu sy juga bingung banget liat kanji dan hiragana, tapi setelah belajar dan bisa baca n nulis yg standar jadi lebih bisa mentolerir.

    Emang susah bgt klo ga ngerti huruf2 asing gtu, bisa salah kaprah dll..
    Untungnya toilet di JEpang ada gambarnya kan….hehehehe

    Actually just wanted to tell you that I have passed thesis examination and I Aced them! =P
    Now waiting for graduate schools admission results, while helping my father with his business back home..

    Ga nyangka 3.5 tahun kuliah slesai juga akhirnya..

    Mas di Tokyo yah? klo saya jadi di Niigata bisa naik shinkansen 40 menit ke Tokyo, kalo jadi nya di APU, kan rada bawah tuh deket fukuoka, mayan jauh deh dari Tokyo..
    anyway Niigata saljunya parah bgt..bisa jadi beruang kutub..hehe

    Syeilendra said..
    FB? hehe iya neh FB n FS sy dormant kan dl smentara =D
    waw dah beres yah, congrats!
    wah iya niigata emang trkenal salju bgt klo lg winter, klo kyushu mah justru mirip2 daerah tropis ktnya
    weh2 klo naik shinkansen hrs mikir2 10X tuh, bs abis 20rb an!
    ok goodluck ya!

  5. Sofi said

    Pengalaman yang unik, lucu k,
    jadi pengen cepet ke jepang juga…
    mksh buat info2 nya…🙂

    Syeilendra said..
    Dou itashimashite Sofi.. n thanks udh berkunjung

  6. dhiniaza said

    wah2.. berabe jg yach kalo ky gt. emang g bs dicancel pembelianya y? itung2 toleransi karna warga asing.. btw, kalo diconvert ke rupiah, harga2 di jepang tergolong mahal bgt ya.. mie instan aj 198yen, sekitar 16rb. pdahal diindo sini, mie instan ad yg 1rb. wah2..

    Syeilendra said
    mau cancel soalnya gengsi juga, hehe.. mi instan biasanya sekitar 100 yen or Rp 9000an

  7. Merina Matheos said

    hai k’..
    k’ ambe S1, D3, or D2?
    trus soaln tesnya gmn?
    ada contohnya ga?
    kesulitannya gmn?
    hehehehehe
    Mohon dibalas ya k.

    Syeilendra said
    Wah saya ga nyimpen soal test nya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: