Hey, what's going on?

Archive for February, 2010

Repotnya jadi orang buta huruf..

Posted by Syeilendra Pramuditya on February 10, 2010

Baru aja balik dari Hiruma (semacam mini market), tadinya hanya mau beli jeruk n lauk buat makan siang, pas kebetulan lewat rak keju ko ada sesuatu yang tampak menarik, saya melihat sebuah label yg dibuat sedikit lebih besar dari label2 lainnya, bertuliskan huruf2 kanji dan ada angka “118”. Label itu dipasang tepat didepan rak keju yang biasanya harganya sekitar 200 yen, “hmm.. ada diskon lagi nih“, pikir saya, di Hiruma ini memang kadang2 ada diskon, waktu itu pernah keju yg harga normalnya 198 mereka jual dengan harga 158, pernah juga ada mie instan yang biasanya dijual 198 didiskon jadi 105, jadi sy ga heran2 amat klo tiba2 ada harga murah disitu. Karena saya lumayan doyan roti-keju panggang, jadi saya pikir diskon ini menarik juga, karena harga keju biasanya tidak ada yang semurah itu, jadilah tanpa ragu2 saya ambil 4 bungkus sekaligus keju diskon itu.

Setelah bayar dikasir dan melihat struk pembelian, saya lihat ko harga keju itu 198! loh?!? dengan bahasa tarsan saya coba jelaskan bahwa seharusnya harga kejunya 118 dan bukan 198, dan kasirnya menjawab dengan bahasa tarsan juga. Akhirnya kamipun pergi ke tempat rak keju itu, dan saya tunjuk label yang benar2 tepat berada di depan keju itu, eeh.. dengan santainya kasir itu bilang bahwa 118 itu maksudnya harga keju yang merek lain, dan dia mencoba mencari keju “merek lain” itu di sekitar keju yang saya beli, tapi tidak ketemu! Karena keju “merek lain” itu tidak ketemu, dengan santainya lagi dia bilang kalo di label itu kan ditulis merek kejunya, dan itu bukan 4 bungkus keju yang saya beli (for GOD sake! itu kan ditulisnya pake kanji!! mana gue ngerti!!! n knapa labelnya ditaro disitu seeh?!?), n tiba2 dia mencabut label 118 itu! yah.. saya cuma bisa melongo deh.. abis mau protes gimana..

Hal2 ga penting yang kadang bisa bikin kesel sendiri.. klo bahasa Jerman, Prancis, Belanda, dll kan masih mending, setidaknya ditulisnya pake “huruf manusia”, jadi kemana2 kan bisa bawa kamus saku, nah kalo kanji?!? hff.. buta huruf deh jadinya..

Advertisements

Posted in just a story | 7 Comments »