Hey, what's going on?

Archive for August, 2009

My second homesick…

Posted by Syeilendra Pramuditya on August 30, 2009

The Sakura Boulevard

Astaghfirullah ya Allah…

Hmmh.. ga disangka sy kena sindrom homesick lagi.. dulu pertama kena pas awal bulan Januari.. 3 bulan setelah sy sampai di Jepang, brarti 8 bulan yg lalu ya. Now one year has passed.. hhhhh.. rasanya bener2 sama persis ky wkt  itu.. kehilangan semangat.. gelisah ga keruan.. takut ga tau kenapa.. ngerasa waktu ko cepet sekali berlalu, rindu masa lalu, dll.. jadi ga bisa ngapa2in deh.. padahal tanggal 1 besok deadline submit report.. jumat depan kebagian presentasi lab lagi… hhh.. bener2 gawat klo gini nih.. T_T

Kayanya sih karena pengaruh suasana lingkungan juga.. ini kan akhir semester, banyak anak2 asrama yg move out, ada yg pindah ke tempat lain, n ada jg yang pulang ke negaranya. Kita disini emang hanya dikasih jatah setaun utk tinggal d asrama, makanya mereka pada pindah, sy juga insya Allah pindah bulan depan.

Di blok saya awalnya ada 6 orang, skrg yg satu udah pindah tempat, n yg tiga udah pulang ke negaranya, jadi skrg d blok sy cuma ada 2 orang, tp kemarin ngobrol ma dia katanya dia bakal move out hari senin depan.. yah.. minggu depan bnr2 sendirian deh.. 😦 sy makin gelisah lagi pas sadar klo ntar d tmp kost baru juga kan sy sendirian! hhh… emang enak kesepian ky gini di negri orang.. 😦

Emang udah saatnya cari pasangan hidup neh! :mrgreen:

.. yg bisa mendorong ketika sy jatuh.. n bisa ikut senang ketika sy senang .. iiihh romanteeeezzzz!! :mrgreen:

hhh.. ya gini jadinya klo orang lg error berat.. harap maklum deh ya..

Advertisements

Posted in just a story, study & live in japan | Tagged: , | 2 Comments »

The Concept of Equivalent Hydraulic Diameter

Posted by Syeilendra Pramuditya on August 25, 2009

Please let me know if you found any mistake on this post, thanks!

The concept of equivalent hydraulic diameter [doc | quickview]

Read about equivalent heated diameter here.

Source: Nuclear Reactor Analysis, Duderstadt & Hamilton, page 485

Rectangular array geometry (Light Water-cooled Reactor/LWR)

drectdrect

Triangular array geometry (Liquid Metal-cooled Reactor/LMR)

dtridtriJust another self reminder.. :mrgreen:

Posted in nuclear engineering | 2 Comments »

Fundamentals of Nuclear Power Plant Design

Posted by Syeilendra Pramuditya on August 11, 2009

To design an NPP, calculations and analyses have to be performed (at least) to answer the following basic questions:

Core neutronics design

  • Is the reactor critical?
  • What is the core reactivity lifetime?
  • What is the core power distribution (axial and radial)?
  • Are the reactivity coefficients within acceptable limits?

Core thermal hydraulics design

  • Can I remove the heat generated in the core while maintaining the fuel clad at an acceptable temperature during steady state operations?
  • Will the fuel centerline temperature be acceptable under the same conditions?
  • Can I prevent the fuel or cladding damage in the event of certain foreseeable accidents?
  • How do system design and behavioral uncertainties impact the answers to the above questions?

Balance of plant design

  • How much surface area does the steam generator require?
  • What is the minimum steam generator tube thickness allowed?
  • What will be the flowrate of the secondary systems fluids?

Posted in nuclear engineering | 1 Comment »