Hey, what's going on?

Homesick…

Posted by Syeilendra Pramuditya on January 11, 2009

Sudah 3 bulan lebih saya ada di jepang, tepatnya 108 hari, sepertinya saya koq kena sindrom homesick ya.. pemicunya sepertinya winter holyday kemarin selama 2 minggu. Sebenarnya pas awal2 saya berada di jepang saya merasa baik2 dan hepi-hepi aja tuch, menjalani aktifitas sehari2, kuliah, kadang masak, ngerjain PR di dorm, kadang ada acara kumpul2 ma temen2, asik2 aja tu, ga ada perasaan “gimana gitu..”

And then datanglah winter holyday itu, libur panjang pertama sejak saya disini, pekerjaan dari lab juga belum ada, PR juga dikit, jadi ya praktis saya punya banyak waktu luang.. di asrama saya ada 5 orang Indonesia, 3 cewe dan 2 cowo, yang cowo saya dan seorang dosen UGM, namanya mas Chandra, tapi kami tinggal di lantai yang berbeda, saya di lantai 1 dan mas Chandra di lantai 3, jadi kalo ga janjian dulu ya jarang banget ketemu juga.. di blok saya kamarnya ada 6, kamar saya, 1 orang Thailand, dan 4 orang RRC, yaa kami kadang2 ngobrol juga sih, kan kadang suka ketemu kalo pas di dapur, tapi ya gitu aja ngobrolnya, ga bisa sharing kaya kalo sama temen sekampung kan, jadilah selama 2 minggu itu saya nyaris tidak pernah ngomong! seperti terkurung sendirian di kamar, dan dimulailah semua perasaan tidak enak yang bikin hati sesak ini . . .

sapporo_snow_festival

Sapporo snow festival, Hokkaido

Kalo dipikir sih sebenarnya saya ya tidak ada masalah atau beban apa2 sih, tapi ya ga tau juga ko perasaan kaya gini banget ya… terutama ada 4 jenis perasaan yang benar2 bikin hati sesak, ini nih..

  1. gelisah, dan ga tau sebabnya..
  2. takut akan “waktu”, merasa ko “waktu” itu cepat sekali berlalu, rasanya semua itu benar2 baru kemarin saja terjadi, tapi kalau dihitung ko ternyata sudah sekian tahun ya..
  3. teringat kenangan2 di masa lalu, rasanya ko ga tahan rindu banget, ingin back to the past..
  4. menyesali beberapa “critical points in my life” di waktu2 yang lalu, yang saya anggap sebagai “keputusan yang benar2 salah”..

rasanya perasaan2 negatif seperti ini dulu pernah menghantui saya tu kalo pas lagi putus cinta kayanya, tapi kan saat ini saya jelas tidak sedang putus cinta, jadi apa sebabnya ya?? kenapa saya merasakan perasaan2 negatif ini ya??

Kemudian saya coba bertanya ke beberapa teman, yaa sambil curhat juga sih, mungkin bisa meringankan beban perasaan juga toh, jawaban mereka membuat saya sedikit terhibur, jawaban mereka benar2 tepat seperti apa yang saya rasakan saat ini, padahal saya saat itu belum cerita seperti apa kegelisahan saya, beberapa teman memang sebelumnya pernah kuliah di negeri lain juga, ada yang di Australia dan ada yang di Inggris, ada juga yang pernah tinggal setahun di jepang, yang membuat saya sedikit terhibur adalah, setidaknya saya tidak perlu terlalu hawatir, karena saya tau banyak orang pun merasakan hal yang sama, ya itu dia, the so called ”HOMESICK”, jadi ya ini wajar toh, manusiawi lah.. tapi ada juga yang bikin saya malah tambah deg2an, seorang teman cerita bahwa dia merasakannya selama 3 bulan! ooalah.. lama amat, mana kalo lagi gini kan mau ngapa2in tu ga mood, ga konsen, jangankan mau bertapa untuk riset, ngerjain PR aja ko rasanya susah bener…

Jadilah saat ini saya sedang keranjingan ngobrol ngalor-ngidul dan kumpul2 ma temen2.. sekedar untuk melupakan perasaan2 negatif itu… hmmhh… semoga aja homesick ini segera berlalu, dan saya bisa fokus lagi ke kuliah dan riset.. Amiiin…

Jadi kalau kebetulan yang membaca posting ini sedang mengalami hal yang sama, ya semoga posting ini bisa sedikit menghibur hati, jangan terlalu hawatir karena banyak orang pernah merasakannya juga koq… yaa bisa dikatakan ini hal yang biasa lah…

Btw ada yang pernah merasakan hal yang sama ketika tinggal di luar negeri juga ga nih, sharing dong gimana pengalamannya dan terutama cara mengatasinya… lagi perlu banget kiat2nya nih…

12 Responses to “Homesick…”

  1. Lia said

    waah..lagi kena homesick yah..
    eem…tidak bisa menyumbang or memberi saran apa2 nih….soalnya belum pernah ngerasain jauh dari ortu..hehe

    sebagai penggemar blognya mas lendra, pengen tahu dong bagian yang “kutulis untukmu…” berupa puisi kah..pengen tahu kalo blogger yang satu ini bisa bikin puisi..kayak gimana yah..?:)

    yang jelas..semangat yah…

    doain saya kak..eh mas…hehe, biar bisa datang ke negeri sakura tahun depan….!

  2. Surya said

    Home sick ?
    I suggest you make lots poem..
    reveal your sadness
    express your feeling
    show your loneliness..

    Ini contohnya, skalian promosi hehehe
    originally made by me.. 5 years ago… 😀

    It is like a dream my love..
    Once you wake up,
    and life was the fallen leaves
    Green..brown…
    and fall ..
    in the winter…

    ****somewhere in January 2004

  3. @ Surya

    Ahh.. sugoi desu ne.. what a nice poem..

    but it is much easier for me to express what I feel by a regular writing instead of a poem..😀

    thanks a-lot for all your support bro

  4. ina said

    ina sich belom pernah ke luar negeri.
    cuma kalau lagi feel lonely, hunting fs/fb aja. discuss via dunia maya, hunting temen SD, SMP or SMA, nyambung silaturahmi lagi.

    or..baca buku, tilawah get closer with Allah.

    jalan-jalan, trus duduk di tempat yang hijau, trus kontemplasi, nulis deh..

    hanya sekedar usulan, mudah2n bisa membantu.

  5. @ ina

    trims bwt saran2 nya, kynya homesick nya sdh berangsur faded, seiring sudah bejibun nya (lagi) report, PR, riset, dll.. dll.. Alhamdulillah ya ALLAH…😀

  6. willyyanto said

    syukurlah uda ga home sick lagi =)

    thanks buat rekomendasinya, wordpress emang lebih customable…
    tapi untuk ukuran dan jenis font masih ga bisa ya?

    ditunggu nih sumbangan buku nya buat almamater SMP dan SMA di Bandung ;p

  7. @ willyyanto

    iya bener wil, font memang ga ada button langsung untuk ngaturnya, anyway you can use simple HTML tag to do that, tepatnya tag font, yes it works, try it ok

    thanks for visit!

  8. fadilartpainting said

    Hoi bang!!!

    Mangkanya gaul dong bang, jangan sendirian aja bengong di kamar…

    Ikutan aktivitas apaan kek, biar ga bosen he he he..

    Hey bang, kira-kira ada barang apaan gitu yang bisa aye jual ke Jepang sana??

    Salam
    Kamil, -lagi ngetes blog Om, sekalian promosi dah-

  9. @ fadilartpainting

    Wuoy mil!!

    iya nih harusnya ane lbh banyak gaul.. sbnernya banyak aktifitas yg bs diikutin sih.. lha ko ane malah bengong aje di kamar yak! kekekekek….😀

    Wah mau bisnis ekspor-impor ya.. emm… apaan ye… semua barang udah ada disini sih…. emm… how about barang2 halal n produk2 makanan Indonesia..? kynya lumayan banyak yg butuh tu mil…

  10. Teddy said

    Gampang solusinya. Cari aja pacar, hehehe.

    Syeilendra:
    siap bos.. in progress ted.. he3..😀

  11. feni said

    hemh..enak bgt sih bisa ada di jepang..kuliah pula..jadi iri nech..palagi di sana ada salju, wah menyenangkan sekali sepertinya..
    nikmatilah apa yg ada di depan mata mu..karena tidak semua orang bisa melakukan yg kau lakukan..
    salam buat sakura ya

    Syeilendra says..
    Hello,
    salju??? weh2.. d tokyo mah kaga ada salju.. klo d Kyoto br ada..
    yeap benar sekali.. “sepertinya menyenangkan” …

    Thanks

  12. Fatihah said

    helo
    i want to ask u it shanghai has snow or not

    Syeilendra says..
    ???

Leave a Reply

 
