Hey, what's going on?

BATAN tidak boleh ragu bicara tentang PLTN

Posted by Syeilendra Pramuditya on September 13, 2008

Dr. Hudi Hastowo

Dr. Hudi Hastowo

Pada hari Kamis, 11 September 2008, saya menghadiri seminar tentang nuklir yang disampaikan oleh pak kepala BATAN, Dr. Hudi Hastowo. Seminar ini diadakan di Campus Center ITB, dari jam 9 sampai 10 pagi, dengan moderator pak Rektor ITB, Prof. Dr. Djoko Santoso. Pada seminar ini pak kepala BATAN menjelaskan tentang aplikasi nuklir pada berbagai bidang, seperti kesehatan & pengobatan, pangan & pertanian, dan tentu saja PLTN. Yang membuat saya heran, dari 60 menit waktu yang disediakan, pak kepala batan menggunakan sekitar 55 menit untuk memaparkan pemanfaatan nuklir di bidang2 non energi (alias non PLTN), dan hanya menggunakan sekitar 5 menit terakhir saja untuk berbicara mengenai PLTN! ada apa ini? mengapa BATAN tampak ragu (takut?) bicara mengenai PLTN? padahal kita semua tahu bahwa untuk bidang2 non PLTN, seperti pertanian, pengobatan, dsb, tidak ada seorang-pun yang keberatan, hal2 seperti ini buat apa disosialisasikan lagi?

nppJustru yang mendapat banyak tantangan adalah tentang PLTN, adakah diantara kita yang pernah mendengar Greenpeace berdemo menentang pengobatan kanker dengan menggunakan nuklir? atau demo menolak penggunaan radiasi nuklir untuk merekayasa bibit pertanian varietas unggul? TIDAK! mereka berdemo (baca : menghasut massa) untuk menolak PLTN, tapi mereka tidak pernah berdemo menolak aplikasi nuklir non PLTN bukan? dengan demikian menurut saya yang harus menjadi fokus sosialisasi dan kampanye nuklir adalah tentang PLTN, sedangkan aplikasi nuklir non PLTN hanya sebagai tambahan saja, bukan malah sebaliknya! spesifik mengenai seminar nuklir kemarin di CC-ITB, pak kepala BATAN tidak perlu khawatir bahwa audiens tidak akan mengerti bila anda menjelaskan tentang, misalnya safety system PLTN, audiens anda kemarin itu terdiri dari para mahasiswa S1, S2, S3, dan juga dosen, jadi Insya Allah mereka akan cukup mengerti bila anda menjelaskan sedikit teknis tentang PLTN.

coreMenurut saya, yang akan membawa perubahan besar bagi bangsa kita adalah aplikasi nuklir pada PLTN, PLTN-lah yang akan mengawal perjalanan pembangunan bangsa kita menuju era industri yang sebenarnya, misalnya melalui penyediaan supply listrik murah dan stabil, yang akan mendukung industri manufaktur dan perdagangan internasional di negara kita. Hal2 seperti inilah yang menurut saya harus disampaikan secara intensif kepada masyarakat, yaitu mengenai outline analisis keselamatan PLTN, dan alasan2 logis tentang mengapa kita harus ber-PLTN bila tidak ingin tertinggal dari negara2 lain. Kesimpulannya, kalau BATAN saja, yang jelas2 memang expert nuklir, ragu bicara tentang PLTN, bagaimana orang lain bisa tidak ragu?

4 Responses to “BATAN tidak boleh ragu bicara tentang PLTN”

  1. Sekedar untuk sinergi aja: ini ada link yang asyik, metnet.wordpress.com .

    Next: PLTN open source. Gotong royong di pendanaan. PLTN ternyata cuma 100 million USD, ada di http://www.elektroindonesia.com/elektro/energi9.html

    Metode: PATUNGAN berantai.

  2. antphy said

    Waahh, ini kan seminar keren yg bikin sy tertarik sm nuclear..(gk nyangka nemuin reviewnya di sini)
    Kata2 pa Hudi Hastowo keren and berbobot abis!!! Bener2 membuka pikiran saya ttg nuclear..(yg tdnya gk tertarik jd berubah pengen cari tau ttg nuclear and..akhirnya skrg pindah ke nuclear^^)

    Nb : maaf, numpang baca n comment ya^^ abisnya 80% isi blognya ngena banget btw saya, hee..

    Btw, thanks udh share^^

    Syeilendra says..
    sip sama2.. situ share jg dong..

  3. antphy said

    Iya ka, pengeen banget sbnrnya…tp suka bingung nih kl pas pengen nulis. bingung apa yg mw di tulis😀
    Biasanya kl nemuin blog yg bagus jd terpacu lg smgtnya n abis itu ilang lg deh, taihen da…

    Semoga k dpnnya gk bingung2 lg deh..
    Thanks ya blognya udh ngasih inspirasi bwt aq^^
    Smg lancar kuliahnya!!!

    Syeilendra says..
    hehe.. thanks, you too🙂

  4. Tidak ada lagi sumber energy tdk terbarukan yg lebih menjanjikan selain nuklir, selama ini dpt ditangani dengan baik maka benefit akan jauh lebih bermanfaat dibanding kerugiannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: