Hey, what's going on?

Mereka berani melakukannya, kenapa kita tidak?!

Posted by Syeilendra Pramuditya on August 11, 2008

Ini nih yang wajib kita contoh..

Malaysia. Ketika Malaysia dilanda krisis moneter 1997, perdana menteri Malaysia, Dr. Mahathir Mohammad dengan tegas menolak campur tangan IMF di negaranya, bahkan raja uang New York, yang ditengarai adalah biang kerok krisis moneter Asia, George Soros, dengan berani ia caci maki sebagai moron alias tolol! Dua bulan berikutnya, nilai tukar Ringgit memang turun 24%, tapi secara meyakinkan Malaysia segera berhasil keluar dari krisis, ekonomi-nya malah makin mantap dan kuat, sampai hari ini! Pada suatu kesempatan, Mahathir juga pernah membuat berang komunitas yahudi internasional, ia dengan berani mengatakan bahwa saat ini yahudi telah menguasai dunia. Malaysia dibawah Mahathir berani melawan komplotan sekaliber IMF, kita juga harus berani!

 


Argentina. Ekonomi negeri ini sempat kolaps akibat hantaman krisis ekonomi, persis seperti kisah negeri kita. Untuk mengatasi bencana ekonomi ini, dengan berani pemerintah Argentina secara sepihak segera memperbaharui berbagai kontrak pertambangan dengan korporasi2 multinasional, agar lebih menguntungkan Argentina! lalu apa yang terjadi? ternyata korporasi2 pertambangan multinasional tersebut taat dan patuh, tidak ada yang hengkang! 5 tahun berikutnya (2003-2007) ekonomi Argentina langsung booming dengan rata2 pertumbuhan ekonomi 8.6%! bandingkan dengan negeri kita yang rata2 cuma 5-6%. Argentina berhasil karena berani! kita juga harus berani! segera perbaharui kontrak2 pertambangan freeport, blok cepu, natuna, Arun, dan masih banyak lagi!

 


Venezuela. Ketika Hugo Chavez terpilih menjadi presiden Venezuela, rekonstruksi sistem ekonomi segera ia lakukan, salah satunya adalah nasionalisasi perusahaan2 pertambangan, lalu apa yang terjadi? sama seperti kasus Argentina, korporasi2 pertambangan multinasional ternyata taat dan patuh, mereka tidak lantas hengkang, mereka terus beroperasi di Venezuela, walaupun dengan aturan baru a’la Chavez! hasilnya? pertumbuhan ekonomi Venezuela mencapai angka 10.5%! salah satu yang tertinggi di dunia! kita juga harus bisa seperti ini!

 


Bolivia. Pada 2005, Evo Morales terpilih menjadi presiden baru negeri ini, gebrakan pun segera ia lakukan, ia mengumumkan pemotongan gaji presiden (baca : diri sendiri!) sebesar 50%! Kemudian terhitung mulai 1 Januari 2006, seluruh industri migas Bolivia di nasionalisasi, sama seperti di Argentina dan Venezuela, korporasi2 pertambangan multinasional taat dan patuh pada aturan baru a’la Morales tersebut! hasilnya? penghasilan nasional Bolivia naik 500% dibandingkan tahun 2002! sekali lagi, kita juga harus bisa seperti ini!

3 Responses to “Mereka berani melakukannya, kenapa kita tidak?!”

  1. Axlrose said

    Presiden sibuk banget: Bolak-balik istana-Cikeas…, pasti capek deh… Gak sempat deh… Nanti-nanti aja ya…: mudah2an sempat…

  2. ina said

    dan kabarnya, dari harian Republika 18 November 2008, Indonesia masih memberikan peluang “menerima kembali tawaran IMF untuk proses penyelamatan..”

  3. @ ina

    dan mereka sebut negara kita telah mengalami reformasi?!? yg benar saja…

    thanks 4 visit ina

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: