Hey, what's going on?

Pengalaman berburu beasiswa ke luar negeri

Posted by Syeilendra Pramuditya on May 1, 2008

univSebelum saya lulus S2, saya bingung apa langkah saya selanjutnya, apakah segera bekerja atau melanjutkan sekolah lagi, jadi selama studi S2 saya tidak berusaha mencari peluang beasiswa S3. Baru setelah lulus S2 saya sangat ingin untuk melanjutkan sekolah ke level doktor, bisa jadi hal ini dipengaruhi atau disebabkan beberapa teman saya berhasil mendapat beasiswa ke luar negeri. Yah walaupun terlambat saya pun segera mencari peluang beasiswa melalui internet, saya mengirim email ke banyak sekali profesor di berbagai negara, mulai dari amerika, jepang, korea, belanda, swedia, austria, czech, jerman, prancis, italia, dan lain sebagainya, tapi mungkin memang belum beruntung, satu pun kagak ada yang gol, hmmh…

Kurang lebih satu tahun saya menunggu dalam ketidak pastian, saya hampir putus asa, tetapi benar kata orang, terkadang kita menghadapi saat-saat dimana kita benar-benar tidak punya pilihan, tapi bila waktunya sudah tiba, semua pilihan datang bersamaan, sampai-sampai kita bingung harus memilih yang mana. Sekitar awal 2008, saya pun akhirnya mendapat beberapa pilihan, saya termasuk semifinalis beasiswa PANASONIC; saya juga dinyatakan diterima di Tokyo Institute of Technology, Jepang; kemudian saya juga dipanggil ke Belanda untuk final interview di Delft University of Technology, Belanda (lumayan nyesel juga kenapa saya menolak panggilan wawancara ke Belanda, padahal lumayan kan bisa main ke Belanda atas biaya mereka:mrgreen:, maklum saya memang ingin sekali ke Eropa).

Setelah mempertimbangkan banyak hal dan meminta petunjuk Allah SWT, saya akhirnya memilih yang di Jepang, dan mengirim email pengunduran diri ke yang lainnya. Saat ini saya sedang menunggu pengumuman beasiswa dari kementrian pendidikan Jepang, yang kabarnya akan diumumkan sekitar Juni-Juli, yah semoga saja semuanya berjalan dengan lancar. Bagi mahasiswa di seluruh Indonesia, ayo semangat mencari beasiswa ke luar negeri, jangan menyerah bila belum berhasil, ayo terus ikhtiar dan berdoa ok!

8 Responses to “Pengalaman berburu beasiswa ke luar negeri”

  1. ikri said

    jadi semangat nihh. smoga aku bisa ikutin jejakmu. doain yahh..

  2. @ikri

    Amiiin.. yoi didoain..

    “there is always a hope!”

    siip.. tetep smangat ya!

  3. Shanty said

    halo ,
    sy udh baca pengalamannya…jd ikut kebawa semangat juga!🙂 sy kemarin daftar beasiswa dari pemerintah Prancis, dan sekarang lg nunggu pengumumannya…
    oya, bagaimana ya cara menghubungi profesor2x di luar negeri? di beasiswa prancis itu juga ada syarat kita sudah menghubungi prof disana, tp krn g tau carany, jd sy kirim aja tanpa ada bukti respondesi dg prof disana…😦
    terima kasih, en sukses selalu!!

    Syeilendra says..
    Bonjour Shanty, oh ya tinggal kirim email aja kale..😀, di blog sy juga ada contoh email utk prof d luar negeri ko, just check it out, dl sy sempat juga korespondensi dgn prof2 d eropa, terutama belanda n austria, tp somehow sy akhirnya ke Jepang, cpt kirim aja, mungkin blm trlambat kan.. ^_^

    goodLuck!!

  4. Bening Mayanti said

    yessssss,,alhamdulillah nemu blog inihhhhhh😀
    pengen nanya2,,heuuuuu

    mas, *manggil mas gapapa ya* kan dibilangin di atas kalo sempet keterima beberapa beasiswa yah?terus pertimbangannya sampe akhirnya milih jepang gimana???

    *lagi bingung juga*

    nuhun ya mas hehehehe

    Syeilendra says..
    hello
    weh2 sy bukannya keterima bbrp beasiswa, yg Panasonic dinyatakan jd salah satu semifinalis, n yg Delft sy hrs melewati one final step, face-to-face interview d Belanda (semua biaya ditanggung oleh mereka), nah yg Jepang sy udah dinyatakan masuk, skarang tau kan kenapa sy k jepang?:mrgreen:

    tp lebih dari itu, wkt itu sy memang bnr2 berdoa minta dipilihkan saja sm Yang Maha Bijaksana, mungkin kedengeran klasik, tp luar biasa manfaatnya lo..

    Alhamdulillah sy ada d sini skrg🙂

    goodluck!

  5. izzatun nisa said

    waaaaaah pengalaman yg kaya begini nih yg pantas diacungi jempol.
    kaa, saya masih lulusan abu-abu.
    tepatnya smk analisis kimia, untuk undergraduated berati yaa..
    saya ingin melanjutkan keluaaar, tentunya leawat scholarship. uda nyoba ke beberapa negara kaya jepang, malaysia, tp belum ada respon😦 atau mungkin belum masuk kriteria merekaa..

    ada info ga ka?
    mohon sarannya yaa🙂

    Syeilendra said..
    hello
    maksudnya “nyoba” itu gimana ya?
    klo utk S1 kan memang ada proses seleksinya tiap taun, info lengkap ttg caranya kan ada d website kedubes Jepang
    trus maksudnya “belum ada respon” itu gmn?

    ok goodluck yaa

  6. Alamsyah said

    Assalamu’alaykum, salam kenal Mas Syeilendra.. nama saya shizen.. saya lulusan sebuah prguruan tinggi d Bandung thn 2011 n saya ada impian untuk bisa melanjutkan pendidikan (S2) di luar negeri, dengan kondisi perekonomian orang tua yang tidak memungkinkan untuk membiayai kuliah saya, makanya saya berusaha untuk mencari beasiswa yang dapat menunjang perkuliahan saya nantinya.. oy Mas.. saat ini saya sedang mencoba daftar beasiswa “british chevening” via online application form dan ada rencana juga tuk mendaftar beasiswa “ADS”, “Monbusho”, “DAAD”.. tapi hambatan yang saya alami yaitu masih awam dan kesulitan untuk membuat aplikasi dan berkas pengajuan beasiswa.. klo diperbolehkan saya minta contoh aplikasi dan berkas2 yang mungkin pernah Mas buat untuk mendaftar beasiswa apapun jika masih ada via email.. terima kasih Mas sebelumnya..

    shizensyah [at] gmail.com

    Syeilendra said..
    Waalaikumsalaam, halo salam kenal jg Shizen
    I see, lg cari scholarship ya
    bbrp aplikasi yg prnah sy buat memang msh ada, tp mohon maaf, krn di berkas2 tsb terdapat data2 yg sifatnya personal, jd sy tdk bisa kirimkan
    klo contoh email n motivation letter ada di http://wp.me/p61TQ-h
    tp seingat sy, berkas aplikasi beasiswa apapun selalu disertai petunjuk pengisian yg jelas, sy pun dulu tidak mencontoh dr mana2, sy cm download aplikasinya, isi sesuai petunjuk, dan kirim
    jd saran sy, tdk usah trlalu hawatir aplikasi yg kita buat salah, sepanjang kita mengisinya sesuai petunjuk yg ada

    ok ya, n good luck for you

  7. yuico said

    izin share pengalamannya ya mas🙂

    Syeilendra said..
    Silahkan, thanks udh nge share ya

  8. sandhi said

    gimana cara ikut beasiswa kayak kamu???
    yang saya tau paling gampang lewat program yang ditawarin sekolah…
    tolong dijawab ya…

    Syeilendra said..
    Sebaiknya jangan menunggu ditawari pihak lain, tapi aktif mencari dan mencoba apply

Leave a Reply

 
