Hey, what's going on?

The Power of SYSTEM?

Posted by Syeilendra Pramuditya on April 26, 2008

obamaBeberapa hari yang lalu saya membaca sebuah tabloid yang di dalamnya memuat artikel tentang profil capres Amerika dari partai Demokrat, Barack Obama. Ternyata ia adalah blasteran orang bule dan negro, ibunya adalah seorang Amerika tulen, sedangkan ayahnya berasal dari Kenya, mereka bertemu di Hawaii ketika ayah Obama kuliah di Unversitas Hawaii. Setelah ayah Obama menyelesaikan pendidikan di Hawaii, ia kemudian melanjutkan pendidikan Ph.D nya ke Universitas Harvard! Sungguh luar biasa!

Hal penting yang ingin saya garis bawahi adalah mengenai kekuatan sebuah SISTEM. Bukan bermaksud merendahkan, tetapi bayangkan bila ayah Obama tidak mendapat kesempatan kuliah di Amerika, dan tetap tinggal di Kenya, akan jadi apa beliau?? memang mungkin ia tetap akan berkembang, tapi kita semua tahu bahwa kemungkinan tersebut sangat kecil. Ayah Obama adalah tetap seorang manusia yang sama, baik ia kuliah di Amerika atau tidak, tapi mengapa setelah ia kuliah di Amerika ia bisa berkembang dengan sangat baik, sedangkan bila ia tetap tinggal di Kenya (kemungkinan besar) ia tidak akan berkembang sebaik itu. Jawabannya tentu adalah SISTEM, manusia itu ibarat sebuah tanaman, bila ia ditanam di tanah yang subur maka ia akan berkembang baik, dan sebaliknya bila ia ditanam di tanah yang tidak subur, maka pelan-tapi-pasti ia akan mati.

Kisah semacam ini juga sering saya dengar mengenai ilmuan-ilmuan Indonesia yang menempuh pendidikan di luar negeri, saat mereka kuliah di luar negeri mereka menunjukan prestasi yang sangat baik, tetapi ketika mereka kembali ke home institution, mereka menjadi tak berdaya, apa yang terjadi?? Ada yang bilang hal tersebut semata-mata disebabkan faktor ekonomi dan fasilitas saja, hmm..tapi masalah sebenarnya sepertinya tidak sesederhana itu.. Pertanyaannya adalah mengapa sebagian bangsa mampu membuat dan menerapkan SISTEM yang sangat baik, sedangkan beberapa bangsa yang lainnya (sepertinya) tidak?? Atau lebih jelasnya adalah mengapa sebagian bangsa mampu untuk maju, sedangkan sebagian yang lain (sepertinya) tidak?? Hmmm…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: