Hey, what's going on?

Pengalaman buruk di American Corner – Perpustakaan Pusat ITB

Posted by Syeilendra Pramuditya on April 15, 2008

American Corner ITBBeberapa waktu yang lalu saya dan seorang teman (dia bukan mahasiswa ITB) datang ke perpus pusat ITB, kebetulan saat itu saya membawa laptop. Ketika kami mau menitipkan tas, di situ tertulis bahwa barang2 berharga sebaiknya tidak dititipkan, saya melihat gambar laptop di salah satu gambarnya, ya sudah tas berisi laptop tersebut akhirnya saya bawa masuk ke perpus.

Tujuan kami sebenarnya ke lantai 3, tapi ketika kami menuju tangga, kami melewati American Corner, yang baru saja dibuka beberapa hari sebelumnya, akhirnya kami mampir sebentar untuk melihat-lihat. Sejak pertama kami masuk ruangan tersebut, si penjaga frontdesk (seorang wanita berusia 30an) sudah melihat kami dengan pandangan aneh.. kemudian saya dan teman saya pun duduk di salah satu meja di tengah ruangan, sebentar kemudian wanita tersebut datang dengan seorang satpam, kemudian mereka pura2 ngobrol beberapa meter di depan tempat saya duduk, tidak disangka wanita tersebut berkata keras2 “WAH ASIK YA ADA PAK SATPAM DISINI, JADI TENANG DEH, GAK AKAN ADA YANG BERANI MENCURI BUKU!”, sambil matanya terus memandang kami! ya ampun saya baru sadar bahwa ternyata kami disangka mau mencuri buku, mungkin karena saya terlihat membawa tas besar, padahal orang bodoh pun pasti tau bahwa tas yang saya bawa itu adalah tas laptop, karena ada logonya “ACER”, dan bahkan saya pun sempat mengeluarkan dan menyalakan laptop saya itu di meja. Saya segera mendatangi frontdesk dan menjelaskan bahwa tas yang saya bawa itu berisi laptop, dan mempersilahkan dia untuk menggeledah kami, bahkan saya menawarkan untuk memanggil satpam saja sekalian! eh dia malah gelagapan dan salah tingkah, dasar…

Saya pikir wanita itu pasti orang luar ITB, yang tidak tahu keadaan di ITB. Setahu saya di pintu keluar perpus itu kan ada sensor n alarm nya, juga ada penjaganya, jadi (hampir) pasti akan ketahuan kalau ada yang membawa buku keluar secara ilegal.

Saya sangat tersinggung atas kejadian tersebut, mungkin karena penampilan saya seperti orang miskin dan memakai sendal jadi disangka mau maling, terutama saya malu pada teman saya itu, ini pertama kalinya dia main ke kampus saya, eh kok pengalamannya sama sekali tidak menyenangkan. Tadinya saya mau bikin panjang sekalian urusannya, tapi dipikir2 kasian juga, ya sudah lah…

3 Responses to “Pengalaman buruk di American Corner – Perpustakaan Pusat ITB”

  1. Intan said

    Ya ampun mas syei..aku bara baca yg ini.. baru baca smpe abis yah hari ini..hahhahah..
    What a shocking story! or I can say bad experience for you..-_-‘

    I know how you feel mas, I’ve been in your shoes too…and it’s not wrong if you got offended.
    maybe she’s just too busy judging people from their appearance without thinking or even willing to ask people politely if it’s even restricted to bring laptop bags inside the library..
    Thus, Never judge a book by its cover..could be hard sometimes, but at least we try not to..=D

    So here goes my story, At UPH we are not allowed to wear sandal to campus. We could at least use sandal with back laces..a.k.a sepatu sandal.. :mrgreen:

    I have two bad experiences here..
    First on July 2007,
    I was just finished this project with my School and University from Nebraska. Some students and their professor came to Indonesia to do a social service project in slum areas in Jakarta. After two weeks far from home, we finally back home and had the report presented in front of the Rektor.
    That day I went to UPH using heels cos I thought it gonna be formal. unfortunately The security guard didn’t allow me to enter my campus cos I don’t have back laces on my shoes…u know what it means??
    sendal ku ga ada tali ikatan di belakangnya??!! Helloo.. i had an important meeting with Board of UPH, and you didn’t allow me to enter the bloody gate bcos of this..phew aku kesal sekali.. i missed the meeting, pdhl aku ketua di timku..=D
    aku bersyukur karna bisa memaafkan tuh satpam skrg..

    Klo di perpus, sama aja peraturannya, sendal apa aja boleh yg penting ada tali di belakangnya.. jadi tiap kita masuk ke perpus satpamnya uda siaga ngeliatin sepatu kita smpe dia hrs berdiri ngintip2 dari meja nya..huahahuah..
    alasan nya sih klise, sy hny menjalankan tugas. Pernah sekali aku ga dikasi masuk,,smpe aku bilang, klo sy nyeker boleh masuk ga?! kuesel.. tapi y sudah, emg peraturannya sperti itu..
    Enaknya di Gedung kuliah ku yg skrg dah boleh pakai clana selutut..so bs nyantai d ke kampus..^^

    Patient is virtue katanya klo dlm saham, hoho Ganbatte!

    Syeilendra says…
    hwahahaha..
    Yeap.. ganbatte ne!!

  2. Intan said

    Mas..aku punya pengalaman yg menegangkan back then 2 days ago in perpus.
    HAHAHA.. untuk beberapa saat aku kira tamat sudah riwayatku..
    my laptop was gone! I have no idea where I put it last time..insane indeed.. ky short term memory lost..
    udah gtu pas aku mau masuk lagi ke dalem perpusnya..dicegat sama satpam.. aku uda bilang sm dia klo aku butuh cari laptopku di dalam, karna ga ada sama aku skrg..
    tapi dia insist aku mesti nitipin tas di loker..grrrr..kesel..
    udah panik lumayan lama, sampe nyari2 di toilet. tapi ga ketemu..nah disitu lah aku udah hampir gilaa.. karna klo emang aku tarok di toilet..it wasn’t there anymore..someone has taken it..my thesis!! oh no..cuma itu doank yg aku pikirin..skripsi ku..aku ga punya back up..huhuhu..
    trs pas dah di dalem, ada bapak2 perpus yg nanya aku warna laptopnya apa..
    trs pas aku liat bener punya ku..huhuhu..ceroboh pisan..
    pas aku balik ke rak bukunya lagi udah ga ada..ternyata udah disimpenin sm bapak ini..=]
    huaaa..lega dan masih sport jantung..LOL!
    eh trs ada satu satpam lagi yg ga bolehin aku langsung pergi..yah aku udah taw itu tanda2 dia mau bukti..
    pdhl aku punya chargernya gtu..ckckc.
    aku kasih liat deh poto2 di my pictures..
    udah hilang rasa malu.. yg penting dia liat ada poto gambar mukaku..udah gtu masih ga percaya lagi..rese bgt..*Whaattt thee..?
    Pokoke I learn my lesson.. i have to back it up..

    Don’t ever forget yours yah.. i’m sure it has so much important things in it..=)

    Take care mas.. =^

    Syeilendra says…
    weh weh.. mangkanya..:mrgreen:

  3. Intan said

    :mrgreen:
    hahaha
    kore kara, ki o tsukete..
    dari skrg pasti lebih berhati2..
    piye toh internetnya?
    jadi ga pasang sama sekali neh?
    hehe

    Syeilendra says..
    iya nih.. smp skrg msh blm pasang..😦

Leave a Reply

 
