Hey, what's going on?

Cara mendapatkan beasiswa monbu(kagaku)sho/MEXT untuk melanjutkan studi di Jepang

Posted by Syeilendra Pramuditya on February 28, 2009

Shortlink: http://wp.me/p61TQ-6N

Bagi mereka yang berencana mengambil program doktor, silahkan baca dulu artikel ini :mrgreen:.

Di posting ini saya mencoba merangkum secara sederhana tentang step-by-step untuk mendapatkan beasiswa monbu(kagaku)sho/MEXT untuk melanjutkan studi di Jepang, kalau ada yang punya tambahan info tolong ditulis di comment ya, siapa tau bisa bermanfaat buat adik2 kita di tanah air kan.. :)

1. Cari informasi tentang kuliah di Jepang, dan tentang beasiswa monbu(kagaku)sho/MEXT, link2 berikut ini mungkin bermanfaat:

2. Setelah paham tentang apa-dan-bagaimana kuliah dan beasiswa di Jepang, segera kontak Profesor yang anda minati melalui email (jangan ragu dan takut duluan :D), link2 berikut ini mungkin bermanfaat:

3. Setelah mengirim email ke calon Profesor anda, tunggu reply dari dia, biasanya dia akan me-reply selambat2nya dua minggu kemudian, kalau setelah dua minggu tidak ada respons juga, segera saja kirim email ke Profesor lain. Setelah si Profesor me-reply, biasanya dia akan menunjuk salah satu mahasiswa di lab-nya (atau asisten profesornya) untuk selanjutnya berurusan dengan anda, kemudian dia akan memberitahu tentang langkah2 selanjutnya, tentang syarat2 & prosedur aplikasi.. dsb…, sebagai tambahan info, berkas2 yg diperlukan untuk proses aplikasi dan screening adalah ijazah, transkrip nilai, TOEFL, surat rekomendasi dari pembimbing di Indonesia, tugas akhir/thesis, dan juga akan ada wawancara, baik itu secara face-to-face, maupun online (video conf. by YM, Skype, etc..).

4. Tinggal berdoa deh.. :D

Semoga bermanfaat!

Catatan: pada dasarnya ada 2 jalur untuk mendapat beasiswa Jepang, Government to Government (G to G) dan University to University (U to U). Saya mendapatkan beasiswa lewat jalur U to U, dengan demikian saya hampir sama sekali tidak tahu tentang proses G to G.

Syarat2 lengkap untuk mengajukan beasiswa Monbusho silahkan lihat di website Kedubes Jepang.

42 Responses to “Cara mendapatkan beasiswa monbu(kagaku)sho/MEXT untuk melanjutkan studi di Jepang”

  1. Mike said

    Just passing by.Btw, your website have great content!

  2. [...] Untuk yang ingin tau lebih banyak tentang apa dan bagaimana studi di Jepang dan tentang beasiswa monbusho/MEXT, silahkan baca selengkapnya di link ini [...]

  3. aryx said

    Pagi mas endra..! informasinya sangat bermanfaat. aq 2smstr lagi TA untuk S-1 teknik informatika,aq juga pengen lanjutin study ke jpg, biasanya bulan berapa mulai di buka perndaftaran untuk beasiswa monbunya, tq!

    Syeilendra:
    Hello, wah syukur klo gt.. wah2 utk detailnya sy kurang tau jg.. coba di gugel aja yaa.. =D
    gomen ne..

    thanks4commenting

  4. Wytha said

    おはよう!

    mau tanya donk…
    untuk cari profesor di jepang kira2 sulit ga sih?

    trus klo untuk beasiswa G to G proposal utk thesis itu harus selesai kapan ya? pada saat deadline penyerahan dokumen atau setelah penyerahan dokumen ya (setelah seleksi dokumen)?

    ありがとう ございます

    Syeilendra says..
    emm.. klo utk cari aja.. ya ga trlu sulit kali ya.. yg sulit itu utk dpt perhatian serius dr sensei target qta itu.. ya toh.. ^_^ “promosi n marketing diri” qta (via email) harus yahud.. lebih baik sih klo punya orang dalem, misalnya ya lewat pembimbing qta di Indonesia..

    kbetulan sy jalur U2U jd sm skali ga tau ttg apa n bgmana G2G.. tp rasanya banyak blogger yg nulis ttg itu deh.. coba gugel lg deh…

    thx4visit n goodLuck!! :)

  5. Wytha said

    mm, thx ya da kirimin form tokyo tech waktu itu ^_^
    itu form beasiswa kan? abisnya liat biayanya di formnya bikin down..hehe..gawat kalo disuruh bayar semuanya…

    thx

    Syeilendra says..
    yupz sama-sama wytha.. ^_^

  6. [...] Cara mendapatkan beasiswa monbu(kagaku)sho/MEXT untuk melanjutkan studi di Jepang « Syeilendra… Says: February 28, 2009 at 5:44 am | Reply [...]

  7. Irma said

    wow!!!dirimu hebat banget!!!
    aq sangat amat tertarik..
    kebetulan aq lagi ngmbil TA tentang rancang bangun reaktor..

    solusi tentang persamaan difusi itu juga keren!!aq lagi nyari2 soalnya,,

    n buat beasiswa, pgn banget bs k Jepang..dsana ad jurusan2 ap aj sih??ad yg brhubungan dgn nuclear reactor gak?
    kpn lagi sih pembukaan beasiswany,,mw infony dunk
    lam kenaL!!^^

    Syeilendra says..
    Enggggaaaaa koooo…. nggaaaa bennnneerrr tuuuu…..

    oya, lg TA ttg reaktor? wah2 pasti dr nuklir UGM ni ya?? sm pak alexander agung or p andang widiharto neh??
    yg brhubungan dgn reaktor nuklir? waduh ya jelas ada duongg.. buanyakkk kale..
    mw infonya? loh kan sy udh kasi link nya buanyak bgt tuu.. ada jg ttg info2 tanggal2 penerimaan ko disitu, just check them out ok..

    lam knal jg.. :)
    thx4visit!

  8. yhantie said

    dear kaka..
    aQ mo nanya tentang study di jepang ne..
    dah byk yg udah aQ baca, tp aQ mce ga ngerti jg. aQ mau nanya ka, aQ kan baru lulus SMK taun 2008 ini, yg aQ mau tanya tu ada ga ci beasiswa buat lulusan SMK kaya aQ? scara yg byk aQ baca tuh pzti buat yg lulusan SMA. oya aQ tu jurusan multimedia ka..

    tolong di reply y ka..
    mksih bgt.. :D

    Syeilendra says..
    dear yhantie..
    emm.. wah mohon maaf sy kurang tau jg klo utk yg SMK ya, tp klo ga salah sih ga ada syarat hrs SMA ko, yg penting sudah menyelesaikan 12 tahun pendidikan di negara asal n lulus seluruh seleksinya di kedutaan Jepang, tp utk lbh yakin, coba dibaca2 lg, kynya ada deh di link yg nukers2002, coba liat lg deh..

    thx4visit n goodLuck!

  9. Ass
    Mas mau tanya beasiswa jepang 2009 ( mext ) Kiat lulus gimana ya?
    Misal mau ambil D2,D3,S1
    Tlng donk kiat2 nay

    Syeilendra says..
    halo pak
    mungkin silahkan baca komentar2 di posting ini:

    http://syeilendrapramuditya.wordpress.com/2008/08/31/nilai-beasiswa-pemerintah-jepang-monbushomext/

    disitu ada jg ttg beberapa kiat2nya

    goodluck!!

  10. arifin said

    ass wr wb
    met kenal

    Syeilendra says..
    met kenal jg

  11. edwin said

    Ass
    wah..Websitex mmbntu skali kak..
    kak, mau nanya nih..
    standar nilai u/ melamar beasiswa itu brp kak? U/ soal2 testx dpt d plajari drmn?
    (saya br akn lulus sma tahun dpn)
    thx b4..^_^

    Syeilendra says..
    Wah klo utk yg s1 sy sm skali g tau, sori.. :)

  12. edwin said

    Ass, kak
    mau nanya nih..
    standar nilai bwt mlamar beasiswa jpg itu brp? Latihan buat s0al2 testx nti dpat dtmukan dmna? Kra2 bwt bidang art(interior), trbuka g beasiswax? Sy skrg klas 3 sma..
    m0h0n bantuanx..Thx b4..^_^

    Syeilendra says..
    Wah klo utk yg s1 sy sm skali g tau, sori.. :)

  13. iwan said

    Hai kaka..

    Syeilendra says..
    Hai :mrgreen:

  14. dimas said

    alow..mas..numpang tanya nuih sebentar lagi saya mau lulus kuliah.aku kuliah di keguruan tepatnya matematika..kira2 ada gak ya beasiswa lanjut kuliah yang sesuai jurusan saya

  15. AVE said

    assalamualaikum,,,,,,,,,,,,
    saya mau tanya ,1) klo utk program s1,tes tertulisnya ada basa jepangnya ga?
    2)klo utk persaingannya sendiri,ketat ga?
    3)aku dah mbuka info utk s1 , utk seleksi dokumennya kuotanya dibatasdi ga?
    maaf ya maz pertanyaannya kaya gerbong kereta api………..

    Syeilendra says..
    :mrgreen:

  16. Lisda said

    Arigatou…yaku ni tatsu

    Syeilendra says..
    YuWelkom! :mrgreen:

  17. morningboy said

    dapet link profesor nya dari mana ya ?

  18. danie said

    Dear,
    Ada yang bisa bantu? bagaimana cara mendapatkan beasiswa dari D3 ke S1?
    Trims.

    -danie-

    Syeilendra says..
    Ada yang bisa bantu?

  19. N_14 said

    Wah, adik Uni yg satu ini sdh ***** rupanya. Good Luck ya, ada salam tuch utk Om Lendra dr keponakanmu Fachri.

    Syeilendra says…
    makasih uni, mohon doanya yaa..
    ya ampun Fachri..

  20. Anwar said

    Assalamu’alaikum

    Kang Syei atau Uda Syei,,,,,salam kenal

    enaknya dipanggil Uda syei aja..(sama-sama dari padang….)

    Uda, ane boleh minta bantuan…yaitu contoh-contoh research plan atau study plan untuk S2 ke Titech….. ?

    Uda Syei, Saat ini riset dibawah bimbingan sensei siapa?

    Tetap semangat uda Syei… Jangan homesick lagi…oke..

    Wassalamu’alaikum

    dari,
    Anwar

    Syeilendra says..
    waalaikumsalaam..
    hmm.. sy taro dimana yaa?? hrs sy cari dl neh..
    just one thing, menurut sy study plan itu g trlu penting, tp hanya formalitas aja, karena kerjaan kita dsini ya trgantung kputusan sensei setelah kita sampai dsini.. jd kynya study plan itu g ush bagus2 amat.. asal ada aj.. itu pendapat sy sih..

    Thanks

  21. Hedy Risman said

    Assalamualaikum mas
    Mau tanya:

    1.keseluruhan penerima beasiswa monbusho berapa per tahun (baik yang U to U maupun G to G)?

    2.Pembagian seperti:
    Mahasiswa research student dapat jatah berapa orang?

    3. Jika univ.kita tidak melakukan MOu, apakah bisa kita melamar beasiswa jalur U to U?

    Sebelumnya terima kasih banyak
    Wasslmualaikum

    Syeilendra says..

    http://syeilendrapramuditya.wordpress.com/2009/02/28/cara-mendapatkan-beasiswa-monbukagakushomext-untuk-melanjutkan-studi-di-jepang/

  22. antphy said

    Maaf, numpang comment lg ya :D

    Sebenernya kl postingan yg ini mah sy udh baca ka…tp di sini kan kaka gk cerita ttg gmn proses wawancaranya.. :(
    ok deh gpp..thanks ya.
    Maaf ni comment mlulu (bkin bete kli ya, hehee..)

    minna arigatou gozaimasu^^

    Syeilendra says..
    oia bener bang.. sy g cerita ttg interview nya ya hehe.. :mrgreen:
    ntar klo smpt sy tambahin dah..

    thanks n gudluck

  23. adhi said

    Aww… mas kalo pengin ikut beasiswa di MEXT apakah program studinya atau topik penelitiannya harus sama dengan jenjang/penelitian skripsi sebelumnya? soalnya bacgground saya dari D4 instrumentasi, tapi juga dapet mata kuliah fisika reaktor (diff 1 grup) dan T/H reaktor. kira2 bisa tembus administrasinya gk ya?

    trus kalo saya baca di webnya nuclear eng di TiTech njelasin kalo program studinya menerima siswa dari jurusan laen (misal tek. elektro atau instrumentasi ) gak hanya dr tek nuklir ato fisika.nah apakah ada temen2 mas di dept. nuc eng yang berasal dari jurusan selain TN ato fisika?
    thx …

    Syeilendra says..
    klo blh usul sih.. jgn trlu bnyk hawatir duluan.. langsung aj cb kontak profesor.. ntar klo udh ada respon br pikir lg..
    nothing to lose kan..
    sekedar saran..

  24. wahyu said

    assalamu;alaikum wr wb

    salam kenal,,
    mav, numpang baca2 bloqnya bt nambah ref untuk s2 k luar negeri… :)
    wasalam

    Syeilendra said
    Waalaikumsalaam.. ok gpp sy mav-kan.. :mrgreen:

  25. Tita said

    Misi~
    Mau nanyak nih kak ..

    1) aku masih kelas 3smp dan ingin mengikuti beasiswa ini saat lulus sma nanti, apakah beasiswanya nanti masih ada ?
    2) Berapa banyak yang diterima setiap tahunnya untuk yang undergraduate ?

    Dozō yoroshiku (:

    Syeilendra said..
    Hello
    info lengkapnya kynya ada d website kedubes Jepang, cb buka deh..

  26. tertatik sekali dengan pengalaman kaka…^^ ingin mengikuti jejak mu… hehehe ^^
    lulusan ITB ya kak?? Salam kenal… ^^

    Syeilendra said..
    Halo, iya sy dari ITB, salam kenal jg

  27. Christian said

    kak, saya punya rencana untuk apply juga sbg Research student utk tahun ini,
    bisa minta contoh proposal kakak yang waktu itu ga ya sebagai bahan referensi?

    Syeilendra said..
    halo Christian
    wah mohon maaf krn satu dan lain hal, dokumen tsb tdk bs sy kirimkan
    ok goodluck ya

  28. Dennic said

    kak, saya mahasiswa semester 6. kuliah sambil kerja..
    kalau ikut monbukusho U to U bisa gk ya?? soalnya klo ikut yg G to G kayanya umur saya udah gk bisa deh… X(

    Syeilendra said..
    setahu saya program U2U tdk ada batasan usia (?), jd insya Allah bisa kalau memang memenuhi syarat
    sy sarankan langsung dicoba saja sekarang juga, tdk usah trlu banyak hawatir duluan

  29. Dennic said

    iya, tadi saya baru buka mext.co.jp dan salah satu persyaratan utk program undergraduate :

    “Applicant must have been born between April 2, 1991 and April 1, 1996.”

    saya lahir tahun 90.. :(

    mungkin nanti nunggu s1 saya selesai next year ya, baru apply untuk research student, by the way universitas jepang yg ada fakultas ilmu administrasi publik nya apa ya ka??
    saya cari di google ketemu SOKA University, apa ada uni lain??
    saya mau coba cari2 profesornya dulu.. :)

    Syeilendra said..
    I see

    Wah klo itu harus rajin search d internet, kalau bidangnya ilmu sosial mungkin bs dcoba

    http://unu.edu

    http://www.apu.ac.jp/home/?lang=english

    http://www.grips.ac.jp/en

    ok goodluck ya

  30. hilda multi artarina said

    Assalamu’alaykum.. salam kenal.. apa kabar? :)

    saya Hilda dari Arsitektur ITS.. saya sering mampir ke blog ini bwt baca2.. isinya sangat menarik, informatif + inspiratif.. bermanfaat banget bwt saya yang sangat ingin belajar di Jepang :)

    alhamdulillah bulan ini saya dapat beasiswa utk ke Osaka selama sebulan.. semoga bisa jadi langkah awal yg baik untuk bisa mendapatkan beasiswa kuliah disana nantinya..

    doakan saya ya, senpai :)

    Syeilendra said..
    Waalaikumsalaam, halo salam kenal juga Hilda,
    selamat utk beasiswa k Osaka nya, iya exchange program itu ksempatan yg baik, n utk dpt beasiswa nantinya ya menurut sy sgt mungkin, tp ada syaratnya: work really hard during your one-month stay in Osaka n give good impressions to your Sensei, krn Sensei2 dsini itu sebenarnya selalu mencari good students utk bergabung d lab mereka.
    Oke kohai, sy doain smg sukses exchange program d Osaka nya n nantinya bs dpt beasiswa kuliah, amiin.. :)

  31. hilda multi artarina said

    aaamiiiiiinn… arigatou senpai :) rasanya doki-doki nih.. I hope I can do my best >.<

    Hmm btw, saya ke Osaka bukan dalam rangka student exchange sih, tapi sebagai trainee. Jadi nanti semacam magang di salah satu kantor arsitek di Osaka. Beasiswanya sendiri dari sensei arsitek Tadao Ando.
    Sebenernya saya jg dapat beasiswa untuk exchange program selama 6bulan ke kumamoto daigaku, tapi karna suatu hal saya terpaksa mengundurkan diri. Semoga nanti ada rizki yang lebih baik lagi :)

    semoga sukses n lancar juga buat studi senpai ya.. :)

    Syeilendra said..
    ouw internship trnyata ya.. i see..
    siip smg nanti dpt rizki yg lbh baik
    oke2 arigatoo, anata mo kohai :)

  32. Haloo senpai.. apa kabar?
    Hilda lagi nih.. :D

    hmm sepulang dari Osaka yang lalu saya coba2 daftar MEXT di Tokyo Tech lewat program International Graduate Program (A) 2013.. Setelah nunggu sebulan lebih, aplikasi yang saya kirim lewat email akhirnya dibalas dan saya berhasil dapat acceptance dari salah satu profesor di Architecture Department..
    Langkah terakhir hanya tinggal kirim aplikasi lengkap lewat pos..

    Tapi ternyata eh ternyata.. lagi-lagi karena berbagai hal, saya harus membatalkan niat untuk ngirim aplikasi MEXT ini ke Tokodai.. aaaahhhh kecewa berat deh rasanyaaa..
    Saya sudah ngirim email pengunduran diri sekaligus permohonan maaf ke sang professor lebih dari sebulan yang lalu.. Tapi sampai sekarang beliau tak kunjung membalas.. haduuh apa beliau marah yak sama saya.. seenaknya mendadak mbatalin padahal beliau udah mau nerima saya di lab nya.. hiks :(

    Syeilendra said..
    Halo Hilda, siip alhamd baik2
    Dalam sebulan aja udh dpt respon dr mereka?! you’re very lucky! :)
    Wah ga tau jg ya apa Prof. nya marah apa engga, yg jelas beliau yg supersibuk kan sudah mau meluangkan waktu utk me-review aplikasi Hilda, dan pastinya jg ngurus some administrative things for you, jd ya klo kesel dikit mungkin lah.. :P
    Or, he simply is too busy now to reply your email, sebulan blm dbls sm prof. mah biasa ;)
    Or, he thinks it’s not necessary to reply your email and say “oke2 gpp, sy bs mengerti” :mrgreen:

    Tp Jepang ya bisa tegas juga, saya dengar kalau bbrp univ sempat di blacklist selama bbrp taun krn banyak applicants dr univ tsb yg apply tp terus cancel.. (kesian jg junior2nya) coba deh cari info ttg issue ini d google :)

    • Hehe iya, pasti karna saya sertakan secuplik cerita pengalaman Osaka kmaren dan pengaruh nama besar Tadao Ando sensei yang jadi nilai ++ buat aplikasi saya.. hehe :P

      Btw waduh serem bener yg blacklist2an itu.. hmm setelah dapet acceptance, biasanya sih kalo saya email-emailan sama sensei ini cepet responnya, besoknya gitu udah dibales, kalo gak sama sensei ya oleh asisten beliau..
      Lha ini udah sebulan lebih email saya tak mendapat tanggapan.. hiks..

      Di email terakhir itu saya bilang kalo gak jadi apply beasiswa di kesempatan yang sekarang tapi akan coba di kesempatan selanjutnya alias next year.. Nah saya menanyakan kesediaan sensei untuk tetap jadi dosen pembimbing saya walaupun gak jadi daftar sekarang… hmm kayaknya dengan gak kunjung dibalesnya email saya itu sudah merupakan jawaban y.. hiks x(

      Padahal saya gak berniat main2 loh daftar ini, serius kok.. Cuman ternyata ortu kurang setuju jika saya apply beasiswa buat kuliah ke luar negeri sekarang.. Beliau menyarankan next year saja.. padahal belum tentu next year saya seberuntung ini bisa dapat professor pembimbing dengan mudah.. :(

      Tapi baiklah.. saya berpikir positif saja :)
      Dengan menuruti orang tua saat ini, semoga saya akan mendapat ganti rizki yang lebih baik lagi nanti.. insya Allah :)

      Terimakasiiih atas replynya ya.. :)
      Ganbarimashou!

      Syeilendra said..
      Siip.. smg nanti diganti rizki yg lbh baik, klo emang rizkinya ya ga akan kemana2, insya Allah.. ;)

  33. ishak iskandar said

    assalamu alaikum wr wb
    saya sarja s1 manajemen sementara ini saya melanjutkan program s2 akuntansi. aku pengen sekali kuliah di jepang mohon petunjukx…..oiya sy pernah jd kensyusei dijepang selama 3 tahun….yoroshikuonegaishimasu

  34. roro said

    Trus TOEFL nya gimana ka? itu tesnya dimana si? udah ada ditempat kursus kita atau nanti pas seleksi beasiswanya?
    tinggal masalah ini doang ni yg aku ga ngerti ka. Trus TOEIC dan IELTS nya tu juga gimana ka?
    thanks. :-)

    Syeilendra said..
    Klo pengalaman sy sih, hanya perlu TOEFL aja, ga perlu TOEIC/IELTS.
    Dulu saya cukup pakai sertifikat institutional test aja, dari tempat kursus bhs Inggris yg di ITB.
    Kalau TOEFL “asli” mahal soalnya, wkt itu USD 100.

  35. Afifah Maya said

    assalamualaikum kak..

    sy maya, salam kenal :)
    Pengalaman kakak bener2 menarik. Niat saya buat melanjutkan S2 ke jepang jadi makin kuat..
    Tapi kak, kapan seharusnya kita mulai cari profesor?
    boleh ngga kalau kita belum lulus tapi sudah cari2 profesor? hehe..
    pinginnya habis lulus, langsung lanjut ke sana *Amiinn*

    Makasi atas jawabannya kak..

    Syeilendra said..
    Waalaikumsalaam
    Halo Maya salam kenal
    Kapan? ya as soon as possible :)
    Ya sebaiknya memang mulai cari profesor dan jg persiapan2 lainnya sebelum lulus, jd nantinya bisa langsung ga nunggu2 dulu
    Sukses yaa :)

  36. Afifah Maya said

    makasi kak doanya :)

    kalau dulu kakak gmn nyari prof.nya? butuh brp kali coba? *penasaran*
    oia, sama berkas apa aja kak yg perlu diserahkan ke prof.nya?

    Syeilendra said..
    Cari melalui internet profesor sesuai bidang yang diminati di univ2 di seluruh dunia.
    Saya mengirim email ke banyak profesor di berbagai negara, sampai saya lupa jumlah tepatnya.
    Untuk kontak pertama tidak perlu kirim berkas apapun, cukup kirim email saja.
    Silahkan baca post ini juga > http://syeilendrapramuditya.wordpress.com/2008/05/01/pengalaman-berburu-beasiswa-ke-luar-negeri

    • Afifah Maya said

      makasi banyak kak infonya :)

      nanti kalau saya ada yg bingung, nanya kakak lg yaa.. hehe..

      Syeilendra said..
      oke2 sama-sama yaa

  37. Tyas said

    Selamat pagi kak, sblmnya prkenalkan sy Tyas. Sy seorang fresh graduate yg br lulus November 2013 kmrn. Skrg sy sdh bekerja sbg slh seorang staf pengajar di sebuah lembaga pendidikan. Sy trtarik dgn ksh kakak mndpatkan beasiswa monbu. Lalu yg ingn sy tnyakan, prtama, kpan kiranya wktu yang pas bwt sy untk bisa hunting professor yg sekiranya bsa mmberikan rekomendasi pd sy, mngingat sy trikat kntrak untk bbrpa tahun lamanya di lembaga ini. Kedua, S1 sy adalh Pendidikan Bahasa Inggris, nmun skrpsi sy ttg sosiolinguistik, sy agak bmbang mnntukan apakh untuk S2 nnti sy mlnjutkan bidang ilmu yg linier ykni pndidikan atw di sosiolinguistik, mngingat sy lbh trtarik mndalami sosio dan skrpsi sy jg ttg sosio, nmun skli lgi jika sy mngmbil sosio, sy tkut peluang ktrimanya smkin kecil dn S2 tdk linier dgn S1. Ktiga, apakh U to U ini tdk hnya untk bsswa monbu sja? Trmkasih bnyak atas perhatian dn jwabannya :D

    Syeilendra said..
    Halo Tyas,

    “sy trikat kntrak untk bbrpa tahun lamanya di lembaga ini” >> Kalau nanti Tyas apply beasiswa dan ternyata diterima, Tyas harus bisa berangkat ke Jepang sesuai jadwal yang ditentukan. Atau dengan kata lain, harus bisa resign dari pekerjaan saat ini sebelum jadwal keberangkatan.

    “kpan kiranya wktu yang pas bwt sy untk bisa hunting professor” >> Aplikasi beasiswa monbusho sebaiknya sudah masuk setahun sebelum jadwal keberangkatan pada bulan September setiap tahunnya. Jadi mungkin 6 bulan sebelumnya (Maret) sudah mulai cari profesor.

    “S1 sy adalh Pendidikan Bahasa Inggris, nmun skrpsi sy ttg sosiolinguistik” >> Selama Tyas mampu meyakinkan profesor bahwa Tyas memang sangat tertarik dengan riset profesor tsb, dan Tyas juga memiliki semua dasar2 yang diperlukan utk melakukan riset tsb, saya kira bidang spesifik Tyas selama S1 tidak akan terlalu menjadi masalah.

    “apakh U to U ini tdk hnya untk bsswa monbu sja?” >> Ada 2 skema beasiswa Monbusho: G2G melalui kedutaan Jepang, dan U2U melalui universitas di Indonesia yang punya kerjasama offcial (ada nota kerjasama) dengan universitas di Jepang.

    Semoga berhasil ya! :)

  38. saya ingin kuliah dijepang dengan program beasiswa saya masih kelas 11 ipa berarti saya lulus tahun 2015 apa saja persyaratannya apakah memerlukan sertifikat TOEFL disekolah sudah dibekaliketrampilan dasar bahasa jepang

    Syeilendra said..
    Silahkan lihat info lengkapnya di http://www.id.emb-japan.go.jp/sch.html

  39. Reblogged this on sucredouxcake and commented:
    Semoga bermanfaat bagi Scholarship seeker… :)

Leave a Reply

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 38 other followers

